16 Proposal penelitian dan 7 proposal pengabdian masyarakat dosen Umuslim peroleh pendanaan hibah internal tahun 2022.

Universitas Almuslim meluncurkan dana hibah internal program penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dose lingkup Universitas Almuslim.

Pemberian dana hibah ini dituangkan dalam satu keputusan Rektor Universitas Almuslim No. 1224/Umuslim/PP.2022 tanggal 18 Agustus 2022 tentang Pengumuman Penerima Pendanaan Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Almuslim Tahun Anggaran 2022.

Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd menyatakan bahwa Hibah internal ini diperuntukan bagi dosen muda yang belum pernah mendapatkan kesempatan pendanaan hibah kemenristekdikti.

Harapannya adanya dana hibah internal menjadi motivasi awal para dosen dalam meningkatkan minat meneliti dan melakukan pengabdian dosen yang merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Penerima hibah internal ini berdasakan seleksi proposal penelitian dan pengabdian masyarakat oleh tim juri yang menjadi reviewer sebagai tim penilai proposal dosen.

Penilaian proposol berpedoman pada panduan hibah internal penelitian dan pengabdian masyarakat yang disusun Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan disahkan Rektor Universitas Almuslim.

Panduan juga sebagai rujukan dan pedoman penyusunan proposal dan pelaksanan serta pelaporan hibah internal Universitas Almuslim Tahun Anggaran 2022.

Menurut ketua LPPM Umuslim drh, Yusrizal Akmal, M.Si terdapat 16 (enam belas) proposal penelitian dan 7 (tujuh) proposal pengabdian masyarakat yang mendapat pendanaan hibah internal pada tahun 2022.

Adapun dosen dan judul proposal yang lulus dan mendapat pendanaan Hibah Internal Universitas Almuslim tahun anggaran 2022 pada program penelitian, yaitu Sharfina, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Fisika dengan judul proposal Implementasi Bahan Ajar Berbasis Interaktif Wordwall untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Pelajaran di Era New Normal.

Kemudian Eli Nofriati, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal Investigasi Plagiarisme Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam Penulisan Skripsi. Chalil As’ari, S.Pd.I., M.Pd juga merupakan dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal Meningkatkan Kemampuan Speaking Mahasiswa Menggunakan Diorama Digital dalam Model Pembelajaran Project-Based Learning.

M. Saleh, SE., M.Si, dosen program studi Ekonomi Pembangunan dengan judul proposal  Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Industri Rumah Tangga Kelapa Gongseng (U Neulheu Khas Aceh) di kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.
Lalu, Rudy Juli Saputra, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan judul proposal Pengembangan Kegiatan Kreatif melalui Seni Batik Desain Ragam Hias untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah TK Almuna Desa Meunasah Dayah Kecamatan Kota Juang Bireuen.

Eka Rahmi, SP., M.Si, dosen program studi Kehutanan dengan judul proposal Efek Tiang Panjat dan Komposisi Media Tanam terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Jamu dalam Pot (Piper retrofraktum Vahl). Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb, dosen program Diploma III Kebidanan dengan judul proposal Analisis Pengaruh Sanitasi Lingkungan terhadap Kejadian Stunting di Kabupaten Bireuen.

Selanjutnya, Baihaqi, S.TP., M.Si, dosen program studi Teknologi Industri Pertanian dengan judul proposal Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Menggunakan Rhizopus Oligosporus dengan Katalis Enzim Bromelin.

Zuraini, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) sebagai Media Interaktif pada Mata kuliah Complex English Grammar. Misnawati, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal Dampak Implementasi Program Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Almuslim.

Chairul Fadli, S.Pt., MP, dosen program studi Peternakan dengan judul proposal Dampak Wabah Penyakit Mulut dan Kuku terhadap Pendapatan Peternak Sapi : Studi Kasus Kabupaten Bireuen-Aceh. Azka Rizkina, SE., M.Si, dosen program studi Ekonomi Pembangunan dengan judul proposal Analisis Volatilitas Konsumsi di Indonesia : Pendekatan Model GARCH. T. Rafli Abdillah, S.Sn., M.Sn, dosen program studi Informatika dengan judul proposal Efektifitas Modul Pembelajaran Berbasis

Proyek Menggunakan Kreasi Pengetahuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 3D. M. Rasyidin, SE., M.Sc., AFA, dosen program studi Ekonomi Pembangunan dengan judul proposal Analisis Hubungan Dinamis Instrumen Kebijakan Moneter di ASEAN : Studi Komparatif.

Selanjutnya, Nursayuti, SP., MP, dosen program studi Agroteknologi dengan judul proposal Pemanfaatan Ekstrak Buah Pinang terhadap Pengendalian Hama Keong Mas (Pamacea Canaliculata Lamark) dan Pertumbuhan serta Produksi Tanaman Padi (Oriza sativa L)., dan Aris Munandar, ST., MT, dosen program studi Arsitektur dengan judul proposal Prinsip Perancangan Penataan Koridor Jalan Almuslim Peusangan Bireuen.

Ketua LPPM Umuslim drh, Yusrizal Akmal, M.Si juga menambahkan, bahwa dosen dan judul proposal yang lulus dan mendapat pendanaan Hibah Internal Universitas Almuslim tahun anggaran 2022 pada program pengabdian masyarakat, yaitu Sharfina, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Fisika dengan judul proposal Pendampingan Guru melalui Kegiatan Penyuluhan terhadap Laboratorium Virtual Berbasis PhET.

Fauzi, S.IP., MA, dosen program studi Ilmu Hubungan Internasional dengan judul proposal Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menuju Persaingan Global Era Digital pada LKP Mom n Me Desa Lhok Mambang Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen-Aceh.

Selanjutnya, Rahmi Hayati, M.Pd, dosen program studi Pendidikan Matematika dengan judul proposal Pelatihan Pengolahan Sampah Kertas Koran menjadi Alat Peraga Matematika di SMP Negeri 3 Bireuen. Chairul Fadli, S.Pt., MP, dosen program studi Peternakan dengan judul proposal Solialisasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Peternak di Desa Blang Pala Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen.

Chalil As’ari, S.Pd.I., M.Pd, dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal Pelatihan untuk Meningkatkan Motivasi Speaking dengan Metode Dubbing dan Subtitling bagi Siswa SMK Negeri 1 Bireuen Desa Geulanggang Baro Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Lalu, Risky Novialdi, S.IP., M.HI, dosen program studi Ilmu Hubungan Internasional dengan judul proposal Sosialisasi dan Pameran Lorong Waktu tentang Pentingnya Menjaga Perdamaian di Aceh Pasca Konflik dan Kesepakatan Damai antara GAM dan RI di Helsinki di Universitas Almuslim., dan Azka Rizkina, SE., M.Si, dosen program studi Ekonomi Pembangunan dengan judul proposal P eningkatan Kinerja Pemasaran Produk UMKM Mom n Me Berbasis Digital Marketing Pasca Pandemi Covid-19.(Humas_Umuslim).