Pembudidaya Ikan dan Udang Kuala Ceurape ikuti Bimtek Pembuatan Pellet Udang

Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim mengadakan Bimtek Pembuatan Pakan Pelet Udang Dalam Peningkatan Produksi Udang berlokasi di desa Kuala Ceurape kecamatan Jangka kabupaten Bireuen, Senin, (5/9/2022).

Menurut ketua tim pengabdian dan panitia Bimtek drh. Yusrizal Akmal, M.Si, bahwa kegiatan yang dilaksanakan tim dosen program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim, bimbingan teknis dan pendampingan terfokus pada pembuatan Pellet vaname serta fermentasi pembuatan pellet udang serta fermentasi pakan untuk membantu masyarakat salah desa di pesisir selat malaka tepatnya di desa Kuala Ceurape kecamatan Jangka kabupaten Bireuen, mayoritas penduduknya bermata pencaharian pembudidaya ikan dan udang.

Pelaksanaan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari observasi awal pada mitra menunjukkan mitra menghadapi beberapa permasalahan dalam membudidayakan udang vaname, seperti harga pakan udang yang mahal sehingga biaya produksi yang dikeluarkan semakin besar.

Sehingga tim dosen dari program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim melaksnakan Bimtek bertujuan dapat meningkatkan keterampilan mitra dalam memproduksi pakan mandiri sehingga pembudidaya udang di desa tersebut tidak bergantung dari pakan komersil.

Menurut Yusrizal Akmal kegiatan ini merupakan bagian pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti tahun 2022, bertujuan untuk mendampingi masyarakat dalam hal pembuatan pellet udang yang sesuai dengan kebutuhan protein udang serta fermentasi pakan, sehingga nantinya akan dapat membantu masyarakat mengurangi cost dalam pembesaran udang.

“Di kegiatan ini, fokus kita adalah Bimbingan teknis agar para pembudidaya memiliki keterampilan dalam pembuatan pakan dan fermentasi pakan, sehingga pembudidaya tidak terlalu bergantung pasokan pakan dari pabrik”, jelas Yusrizal.

Pemateri Bimtek tentang pembuatan pellet udang vanname dan fermentasi pakan disampaikan Rinaldi, S.Pi, M.Si dosen program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh.

Menurut Rinaldi, S.Pi, M.Si dalam paprannya menjelaskan bahwa dengan memiliki keterampilan dalam pembuatan pellet udang vanname dan fermentasi pakan dapat menekan biaya cost pakan dalam pembesaran udang dan selama ini, karena menurutnya pakan udang yang berasal dari pabrik, sering mengalami kenaikan harga sehingga membebani pembudidaya.

Harapannya dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan pembudidaya yang berada di desa Kuala Ceurape Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, diharapkan dapat memproduksi pakan udang mandiri serta dapat membuat fermentasi pakan secara maksimal dengan mengurangi penggunaan pakan dari pabrik, sehingga akan dapat mengurangi penggunaan pakan dari pabrik, jelas Yusrizal Akmal. (Humas-Umuslim).