Prodi Agroteknologi Umuslim gelar lokakarya Penguatan implementasi kurikulum MBKM

Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) menyelenggarakan Lokakarya Penguatan implementasi kurikulum MBKM dengan Tema Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Kemitraaan.

Menurut ketua program studi Agroteknologi ibu Nursayuti, SP.,MP Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu ( 7 September 2022 ) menghadirkan dua (2) orang pemateri Dr. Bakhtiar , SP.,M.Si dari Universitas SyiahKuala (USK) dan Dr. Baidawi , SP.,MP dari Universitas Malikulsaleh (Unimal).

Lokakarya dibuka Wakil Rektor I. Dr Halus Satriawan, SP.,M.Si. diikuti sekitar 120 peserta terdiri dari dosen prodi Agroteknologi dan dosen dari berbagai prodi di lingkup Fakultas Pertanaian Universitas Almuslim,stakeholder, mahasiswa ,alumni serta beberapa dinas terkait lainnya.

Dr. Bahtiar SP.,M.Si dalam paparannya menjelaskan beberapa hal dalam mengembangkan dan mengimplementasikan MBKM pertama tetap focus pada pencapaian CPL, kedua dipastikan dengan pemenuhan hak belajar maksimum 3 semester mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dengan kompetensi tambahan yang selaras dengan CPL prodinya, ketiga Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di dunia nyata sesuai dengan propel lulusan atau ruang lingkup pekerjaannya, ke empat Kurikulum dirancang dan dilaksanakan bersifat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEKS (Scientific Vision) dan tuntutan bidang pekerjaan ( Market Signal).

Sedangkan DR . Baidawi, SP.,MP menyampaikan beberapa tantangan dari MBKM yaitu: 1. Regulasi, 2, kesiapan sumberdaya dan 3.perubahan mindset, sehingga untuk tahapan implementasi MBKM adanya persiapan, pelaksanaan dan monitoring dan evaluasi.

Ketua program studi Agroteknologi ibu Nursayuti, SP.,MP mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak/ibu dosen, stakeholder, semua pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik dan lancar juga diisi tanya jawab dari peserta, banyak ilmu dan pencerahan yang didapatkan dari acara lokakarya ini. Turut menyampaikan sambutan dalam lokakarya ini juga Dekan Fakultas Pertanian Dr. Elfiana, SP.,M.Si, ujar Nursayuti. (Humas-Umuslim).