BEM dan Dosen Kebidanan Umuslim Lakukan Pendampingan kegiatan Posyandu untuk Cegah Stunting

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dosen Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) melakukan pendampingan Posyandu Desa Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, Kamis, (8/9/2022).

Program pendampingan Posyandu Desa Cot Rabo Baroh yang dilakukan sejumlah mahasiswa dan dosen Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim merupakan salah satu kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD).

Menurut salah seorang dosen pembimbing Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb mengatakan kegiatan pendampingan Posyandu di Desa Cot Rabo Baroh dilakukan untuk mencegah terjadinya stunting.

Hal ini mengingat Desa Cot Rabo Baroh merupakan Desa Lokasi Fokus (Lokus) stunting tahun 2022. Kasus stunting harus dicegah pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yaitu dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari), jelasnya.


Menurut Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb 1000 HPK merupakan periode emas (golden period) yang sering disebut masa kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan.


Jadi pada periode emas, pertumbuhan otak sangat pesat sehingga mendukung partumbuhan dan perkembangan anak secara sempurna. Kekurangan gizi pada periode emas tidak dapat diperbaiki dimasa kehidupan selanjutnya sehingga bisa menyebabkan stunting.

Sedangkan dosen Pembimbing P2MD membantu memberikan konseling kepada ibu hamil yang telah hadir diposyandu.
Kemudian Bidan desa Cot Rabo Baroh Nida Suraiya, pada kesempatan tersebut menyampaiakn jumlah balita di Desa Cot Rabo Baroh sejumlah 60 Balita dan terdapat 5 balita stunting.

Pada kegiatan posyandu yang dilaksananakan pendampingan oleh Dosen dan mahasiswa Umuslim, balita yang dibawa orang tuanya keposyandu sejumlah 53 balita, rincinya.


Menurutnya kegiatan Posyandu dilakukan diawal bulan setiap bulannya. Selain itu ibu hamil yang berhadir pada posyandu bulan ini sejumlah 3 ibu hamil.

Pada kegiatan pendampingan Posyandu ini Balita yang berhadir diberikan makanan pendamping, Ibu hamil yang hadir juga diberikan bu gateng (nasi untuk ibu hamil) yang merupakan program peningkatan gizi untuk ibu hamil.

Pemberian makanan pendamping dan bu gateng bekerjasama dengan Dosen dan Mahasiswa Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim, ujar Nida Suraiya.

Kepala Desa Cot Rabo Baroh (Rishadi) menyampaikan kegiatan posyandu ini dilaksanakan setiap bulan, penanggungjawab kegiatan tersebut adalah Bidan Desa dan Kader Kesehatan Desa cot Rabo Baroh.


Ketua Kelompok Kegiatan P2MD Agus Susanti menyampaikan kegiatan Posyandu berjalan dengan lancar dan tertib yang dimulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 11.00 WIB, masyarakat Desa Cot Rabo Baroh sangat antusias menghadirinya.

Ketua Kader Murni mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim yang sudah hadir serta ikut membantu pada kegiatan Posyandu.(Humas-Umuslim).