Mahasiswa Prodi Akuakultur Umuslim Magang Riset di USK

Sejumlah mahasiswa program studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Peusangan Bireuen melakukan magang riset di Laboratorium Patologi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala (FKH USK), Banda Aceh, Senin (12/8).

Menurut ketua program studi Akuakultur, Universitas Almuslim Irfannur, S.Kel., M.Si didampinggi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Umuslim drh. Yusrizal Akmal, M.Si, program pelaksanaan magang riset yang dilaksankan di Laboratorium Patologi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala (FKH USK), di ikuti lima mahasiswa Prodi Akuakultur, yaitu Rabiatul Adawiyah, Sithra Almunadiya, Mardiana, Arief Hidayat Zulkifli, dan Mona Fattya Anisha, mereka merupakan tim yang terlibat langsung bersama dosen dalam pelaksanaan Hibah Riset Keilmuan LPDP 2021, jelasnya.

Selama program magang riset ini difokuskan pada praktik pembuatan preparat jaringan organ ikan yang merupakan bagian dari riset keilmuan mengenai analisis morfologi ikan-ikan endemik di wilayah Aceh yang sedang dilakukan tim dosen Prodi Akuakultur Fakultas pertanian Universitas Almuslim.

Menurut Irfannur, S.Kel., M.Si kegiatan magang dimulai dengan pengenalan alat dan bahan dalam pembuatan preparat jaringan, penjelasan teknik-teknik pemotongan organ yang akan dijadikan preparat, lalu praktik langsung yang dibimbing oleh tim dari Laboratorium Patologi FKH USK.

Pihak Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala (FKH USK), mengharapkan agar kegiatan magang riset ini dapat berlanjut dan dikembangkan menjadi kerja sama dalam pelaksanaan berbagai penelitian di kemudian hari.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Umuslim drh. Yusrizal Akmal, menyambut baik adanya program magang riset ini dan pihaknya berharap kegiatan magang riset seperti ini dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa sebagai bekal bagi mahasiswa sesuai harapan dari implementasi program Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM).


Salah satu peserta magang, Sithra menyampaikan rasa senangnya mengikuti program magang riset, karena menurutnya program ini sangat berguna dan banyak memberi pengalaman dan ilmu bagi dirinya serta kawan peserta riset yang sedang terlibat aktif pelaksanaan penelitian mengenai organ dalam ikan-ikan yang hidup di wilayah Aceh.(Humas-Umuslim).