Prodi Peternakan Umuslim dan USK Kolaborasi Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

Prodi Peternakan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen dan Prodi Peternakan Universitas Syiah Kuala (SK) Bnada Aceh melakukan Kolaborasi pengabdian masyarakat Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak Untuk Kambing Perah Bersama Human Initiative.

Pengabdian di fasilitasi oleh Human Initiative dilaksanakan pada tanggal 26 September 2022, bertempat di Desa Meunasah Mon Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Kegiatan pengabdian dibuka Dr. Elmy Mariana, S. Pt., M.Si (sebagai perwakilan dosen), dilanjutkan Sofyan JH (ketua kelompok ternak sekaligus keuchik desa setempat) dan Surya Ningsih, S.Si (sebagai perwakilan dari Human Initiative).

Tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman dan aplikasi penerapan ilmu pengetahuan, teknologi pengetahuan masyarakat dalam mengolah pakan hijuan, dan juga dalam hal menyelesaikan permasalahan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga untuk mengantisipasi musim penghujan dalam hal pemanfaatan kelebihan hijuan pada ladang peternakan dan terjadi penurunan produksi hijuan pada saat musim kemarau.

Sehingga adanya teknologi pakan silase dapat untuk menyimpan pakan hijauan pada musim hujan guna memberi keseimbangan pakan ternak dimusim kemarau.

Peserta yang hadir 57 orang dari unsur masyarakat dan mahasiswa dengan pemateri utama Said Mirza Pratama, S.Pt., M.Si, Koji Al Adam S, S.Pt., M.Si. Muhammad Resthu, S.Pt., M.Si. Muhammad Ammar, S.Pt., M.Si. Hendra koesara, S.Pt., M.Si ( sebagai pemateri pembantu).(Humas-Umuslim)