Umuslim gelar FGD Peningkatan Kemitraan dan Kerjasama

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) tentang peningkatan kapasitas kemitraan melalui kerjasama, berlangsung di Meeting Room Luxury Hotel, Bireuen, Rabu (26/10/2022).

Menurut panitia Dr.Najmuddin,MA didampingi Dr.Ernawita,MSc, kegiatan ini didanai dari program Hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui hibah PKKM Umuslim , bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualiatas pelaksanaan MBKM di Universitas Almuslim dalam rangka pemantapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selain itu untuk mendapatkan mitra potensial, perluasan mitra mandiri, peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan serta menjalin kerjasama intensif untuk program-program Merdeka Belajar kampus Merdeka di masa depan, jelas Ernawita.

Luaran kegiatan terjalinnya kerjasama dengan mitra potensial yang cocok dengan karakteristik Universitas Almuslim, dan terdokumentasi dalam bentuk MoU, MoA, dan PKS resmi dengan serangkain kerjasama teknis terkait pelaksanaan program-program MBKM, tambah Dr.Ernawita,MSi.

Makanya kita mengundang peserta FGD peningkatan kapasitas kemitraan melalui kerjasama terdiri dari ketua program studi dan fakultas serta lembaga sebanyak 45 Orang, Pimpinan Universitas 5 Orang, rinci Ernawita.

Kegiatan dibuka Wakil rektor I Umuslim Dr.Halus Satriawan,MSi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa strategi pengembangan kemitraan diselenggarakan untuk memperkuat kemitraan Universitas Almuslim dengan stakeholder, seperti anatar Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan industri.

Kemitraan yang kuat ditunjukkan dengan beragamnya kerjasama dan terimplementasi dengan baik sehingga akan meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Apalagi dalam kaitannya dengan MBKM, kemitraan sangat diperlukan untuk memfasilitasi civitas akademika terutama mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas MBKM.

Dengan adanya forum ini diharapkan adanya perluasan kerjasama disertai implementasi untuk meningkatkan kinerja PT secara umum dan tentunya menjadi pemantik meningkatnya kualitas pendidikan, ujar Halus Satriawan lulusan program doktor Universitas Sumatera Utara (USU).

Adapun Narasumber dalam FGD (Focus Group Discussion), perwakilan perguruan tinggi Dr. Muzailin Affan, M.Sc.(Universitas Syiah Kuala), perwakilan instansi pemerintah Dr. Muzakkar A Gani (Bupati Bireuen Periode 2019-2022) dan perwakilan industri dari PT. PIM Lhokseumawe Aceh.(Humas-Umuslim).