Rumoh Gizi Gampong Cot Rabo Baroh di Resmikan

Mahasiswa berkalaborasi dengan Puskesmas Cot Ijue melakukan peresmian (launching) rumoh gizi gampong (RGG), Desa Cot Rabo Baroh Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Kamis (29/9/2022).

Peresmian Rumoh Gizi Gampong (RGG), Desa Cot Rabo Baroh tersebut dilakukan Camat Peusangan Ibrahim S.Sos dalam suatu acara sederhana didesa setempat.

Keuchik desa Cot Rabo Baroh Rishadi dalam sambutan launching mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuan pihak Puskesmas Cot Iju dan Mahasiswa Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim berkalaborasi sehingga berjalannya acara launching rumoh gizi gampong (RGG), Desa Cot Rabo Baroh.

Kepala Puskesmas Cot Ijue, Mahdi M.Kes mengatakan rumoh gizi gampong (RGG) merupakan tempat layanan penyedian makanan bergizi bagi balita dan ibu hamil di Desa Cot Rabo Baroh.

Dengan upaya pemberian asupan makanan bergizi pada ibu hamil dan anak balita, nantinya diharapkan jumlah anak yang mengalami stunting dapat ditekan, karena menurut Mahdi,M.Kes jika anak kurang gizi, maka anak tidak cerdas karena pertumbuhan otak terhambat, anak berpotensi menjadi pendek (stunting) karena pertumbuhan jasmani terhambat, anak akan menjadi lemah dan mudah sakit, dan anak akan sulit mengikuti pelajaran saat bersekolah, jelasnya.

Kemdian Camat Kecamatan Peusangan, Ibrahim S.Sos pada kesempatan tersebut menyampaikan “ Dengan adanya Rumoh Gizi Gampong (RGG) ini, saya berharap dapat membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak sehingga akan melahirkan generasi yang baik dan unggul, baik fisik maupun psikis.

Sedangkan dosen pembimbing P2MD Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim, Nuraina, S.Tr.Keb.,M.Keb mengatakan rumoh gizi gampong (RGG) merupakan ujung tombak untuk memberikan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat, supaya masyarakat mau melakukan upaya-upaya agar anak-anak terhindar dari stunting.”

Saya berharap, seluruh kader dan pengurus Rumoh Gizi dapat terus mengawal dan memantau perkembangan setiap anak yang ditangani di tempat tersebut. Dengan demikian, intervensi dari Rumoh Gizi dapat memberikan efektivitas yang memadai terhadap gejala stunting dan kurang gizi yang dialami balita,” ucap Nuraina

Pada acara launching rumoh gizi gampong (RGG) juga turut diberiakan Bue Gateung untuk ibu hamil dan makanan pendamping untuk anak balita stunting.

Diharapkan kehadiran Rumoh Gizi Gampon (RGG) dapat memaksimalkan upaya pencegahan dan penurunan angka kasus stunting di desa Cot Rabo Baroh sesuai dengan target yang diharapkan.(Humas-Umuslim).