Implementasi MBKM Fikom, Umuslim datangkan dosen praktisi

Dalam rangka implementasi pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Universitas Almuslim mendatangkan sejumlah dosen praktisi dan pakar.

Salah satu dosen praktisi yang hadir Fajar Saptono Head of Engineering Perusahaan PT Antikode Desain Eksperiensia dengan materi data mining, yang dilaksanakan di ruang seminar kampus Ampon Chiek Peusangan, selama dua hari, (4-5/11).

Kehadiran dosen praktisi Fajar Saptono di kampus Universitas Almuslim Peusangan Bireuen, merupakan implementasi pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM), salah satu program hibah yang dilaksanakan Direktorat Kelembagaan Kemendikbudristek Dikti untuk mempercepat implementasi program MBKM.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Umuslim Riyadhul Fajri, S.ST,M.Kom kuliah praktisi ini merupakan salah satu tuntutan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), bertujuan mempersiapkan lulusan sesuai tuntutan dunia industry dan kebutuhan masyarakat.

Menurutnya selain mendatangkan dosen praktisi, Fikom juga mengirim sejumlah mahasiswa magang di sejumlah kampus di pulau Jawa dan sejumlah perusahaan baik di Aceh maupun luar Aceh, jelas Riyadhu Fajril.

Kuliah tamu dosen praktisi Fajar Saptono Head of Engineering Perusahaan PT Antikode Desain Eksperiensia yang beralamat Tangerang Selatan Banten diikuti sebanyak 42 peserta membahas pentingnya Data Mining di era serba digital saat ini.

Menurut manajer project IT sejumlah perusahaan multi nasional ini, di era digital data mining yang sering disebut juga Knowledge Discovery in Database merupakan tuntutan dan kebutuhan.

Apalagi dalam E-Commerce, penerapan Data Mining dalam Management Customer (CRM) sangat diperlukan untuk membantu pengembangan brand bisnis yang sangat ngetren dewasa ini, jelas Fajar Saptono.

Sebelumnya pada pada tanggal 4-5 Oktober 2022 juga pernah dihadirkan dosen praktisi Munazar, S.Kom Komisaris PT. Mitasen Inti Solusi dengan materi pengembangan software.(Humas-Umuslim).