KUI Umuslim – OIA Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang gelar Live Zoom

Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen melaksanakan kegiatan live zoom dengan Office of International Affairs (OIA) Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang.

Kegiatan live NGU-Umuslim, dilaksanakan di seputaran kampus induk Universitas Almuslim, sementara, Office of International Affairs (OIA) Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang juga menyiapkan acara serupa dikampusnya sendiri Nagoya Jepang,Jum’at (04/11/2022)

Menurut Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.rer.nat.Ernawita, M.Sc, kegiatan dilaksaakan dalam rangka mempererat hubungan antar kedua kampus.

Karena kemitraan Universitas Almuslim dan Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang telah terjalin sejak tahun 2016 dan implementasi kerjasama telah berlangsung dengan program pertukaran mahasiswa antar kedua kampus tersebut telah terlaksana secara rutin sejak tahun 2017.

Namun, karena pandemic Covid-19 yang menghentikan aktivitas bepergian masyarakat di seluruh dunia, pertukaran mahasiswa pun terhenti sementara, jelas Ernawita.

Sekarang, telah dibukanya kembali penerbangan Internasional, program pertukaran mahasiswa juga sudah kita buka kembali, ditandai telah berangkatnya tiga (3) mahasiswa Universitas Almuslim kuliah di NGU Jepang sejak April 2022 dan hadirnya dosen tamu Prof. Saeki Natsuko dari NGU Jepang di Universitas Almuslim.

Saat kegiatan live zoommmeting kedua Universitas bertindak sebagai moderator dan penterjemah Prof. Saeki Natsuko dosen tamu dari NGU Jepang, Saeki Natsuko dengan fasih menterjemahkan Indonesia-Jepang dan Jepang-Indonesia, sehingga membuat saasana komunikasi peserta dari dua Universitas tersebut berlangsung dengan lancar.

Saat kegiatan live zoommmeting kedua Universitas, adapun rangkaian acara antara lain pembukaan, perkenalan peserta dari pihak kampus Universitas Almuslim, pengenalan tentang kampus Universitas Almuslim serta wawancara singkat dengan beberapa dosen.

Saat live zoometing tersebut juga sempat dilakukan perkenalan singkat tentang sanggar seni Merah Delima Universitas Almuslim dan penjelasan kegiatan seni tari serta sepintas budaya Aceh, juga memperkenalkan keunikan kopi khop.

Pada ajang live zoom tersebut paling menarik dan sempat menghebohkan peserta saat acara reveal (menunjukkan isi tas) mahasiswa, baik dari mahasiswa/i Universitas Almuslim maupun mahasiswa NGU Jepang.

Saat acara reveal (menunjukkan isi tas) mahasiswa, teryata tidak ada barang-barang yang aneh dan terlarang yang didapat, hanya ada perlengkapan kuliah seperti laptop, perlengkapan shalat, alat tulis dan ada sebagian mahasiswi dengan alat make-up seperti lipstik, bedak dan pembersih wajah, tidak ada barang yang menghebohkan.

Hanya untuk mahasiswa NGU Jepang, mereka dalam tasnya tidak ada perlengkapan Sholat, yang lain sama yaitu perlengkapan belajar seperti buku-buku bahkanada yang membawa snack ringan.

Saat acara reveal ini suasananya penuh kegembiraan dan membuat peserta zoometing sempat tertawa terkekeh, melihat sauasa peserta memperlhatkan isi tas mereka kepada peserta.

Acara dilanjutkan pengenalan pihak Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, kemudian mengintip isi tas mahasiswa Jepang, dilanjutkan tour kampus Nagoya Gakuin University, pengenalan budaya minum teh Jepang, diakhiri tanya jawab dari kedua belah pihak.

Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan M.Pd menyambut baik dan sangat mendukung terhadap kegiatan ini, walaupun jaraknya berjauhan antara Bireuen dan Jepang tetapi tetap terlaksana suatu kegiatan yang dapat menghbungkan dua lembaga.

“ Kegitan ini sangat bagus dalam rangka implementasi kerjasama dan semakin menguatkan hubungan antara kedua universitas yang sudah lama terjalin, sekaligus juga mendukung implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Ujar Dr.Marwan,MPd.

Menurut Rektor Umuslim Dr.Marwan,MPd.Adanya live zoommmeting kedua Universitas tentunya juga akan meningkatkan antusiasme mahasiswa dari kedua universitas dalam mengikuti program pertukaran mahasiswa yang telah menjadi agenda tahunan universitas almuslim.

Harapannya semoga program pertukaran mahasiswa ini memberikan kontribusi maksimal baik kampus, mahasiswa serta peningkatan kualitas pembelajaran di universitas Almuslim dalam rangka mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).(Humas-Umuslim)