Badan Kesbangpol Aceh dan Fisip Umuslim gelar Forum Dialog Penguatan Demokrasi Indonesia

Badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) Provinsi Aceh bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen mengelar kegiatan forum dialog penguatan demokrasi Indonesia di daerah, berlangsung ruang rapat kampus Ampon Chiek peusangan Universitas Almuslim, Selasa (23/11).

Menurut kepala bidang politik dalam negeri Badan Kesbangpol Provinsi Aceh Drs.Arsyi, M.Si , kegiatan mengusung tema “Penguatan Indek Demokrasi Indonesia Provinsi Aceh Sebagai Salah Satu Langkah Mencegah Intoleransi”.

Menurutnya tujuan kegiatan Forum Dialog untuk menyampaikan potret pengukuran Indek Demokrasi Indonesia (IDI) baru, serta menyosialisasikan capaian Indek Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Aceh tahun 2021, agar dapat dipahami masyarakat lingkungan kampus pada khususnya dalam upaya mempertahankan capaian IDI tersebut di tahun mendatang.

Alhamdulillah capaian Indek Demokrasi Indonesia Provinsi Aceh tahun 2021, berada pada ketegori tinggi 80.09 atau urutan 6 secara nasional atau urutan 1 untuk Sumatera, jelas kepala bidang politik dalam negeri Badan Kesbangpol Provinsi Aceh Drs.Arsyi, M.Si.

“Untuk itu saya  mengajak sivitas akademika untuk berdiskusi tentang bagaimana menjaga capaian ini, serta penguatan capaian Indek Demokrasi Indonesia di Aceh serta langkah langkah sosialisasi kepada masyarakat, stakholder”,ajak Drs.Arsyi.

Kemudian pada kesempatan tersebut Drs.Arsyi,MSi, juga mengajak peserta dalam rangka menyambut pemilu 2024 perlu kita perkuat prinsip toleransi boleh beda pilihan tapi bhinneka tunggal Ika harus kita rawat, ucapnya.

Dekan Fisip Umuslim Rahmad S.Sos., M.AP, pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Badan kesbangpol Aceh yang telah memilih Fisip Universitas Almuslim sebagai mitra dalam kegiatan Focus group discussion ( FGD) ini, harapannya kegiatan kemitraan ini bisa terus berlanjut dalam program-program lain dimasa yang akan datang, harap rahmad,M.AP.

Pemateri pada FGD tersebut, selain kepala bidang politik dalam negeri Badan Kesbangpol Provinsi Aceh Drs.Arsyi, M.Si, juga disampaikan oleh Dosen Fisip Umuslim Fauzi, S.IP., MA.

Pada kesempatan tersebut Fauzi, S.IP., MA menyampaikan materi dengan judul “Pemilu Serentak Damai: Mengawal Bhinneka Mencegah Intoleransi”.

Dalam paprannya Fauzi, S.IP., MA mengharapkan agar kita selalu meningkatkan semangat toleransi, tidak terlalu cepat percaya berita hoax dan viral, kedepankan penguatan pemahaman literasi, saring informasi,Infiltrasi media dan jangan mudah terprovokasi. (Humas-Umuslim).