Dosen Prodi Kehutanan Dan Teknologi Industri Pertanian Latih Manajemen Koperasi Garam Bahari Meugahna

Dosen Universitas Almuslim melaksanakan Program insentif Pengabdian Kepada masyarakat terintegrasi dengan MBKM berbasis kinerja Indikator Kinerja Utama pada Koperasi Produsen Garam Bahari MEUGAHNA di Desa Bluka Teubai Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan dilaksanakan dalam 2 sesi pada tanggal 14 dan 17 Desember 2022. Sesi pertama dengan tema pelatihan manajemen SDM dan pengembangan produk garam pada koperasi produsen garam bahari Meugahna diisi pemateri Junardi, SE., MM dan sesi kedua dengan tema ‘Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi Produsen garam bahari Meugahna melalui pelatihan Manajemen Pengelolaan Organisasi disampaikan M. Jufni, M.Pd.

Peserta pengabdian merupakan anggota koperasi dan melibatkan mahasiswa dari program studi Teknologi Industri Pertanian dan Program studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.
Syifa Saputra, M.Pd yang merupakan Ketua Pengusul program insentif Pengabdian kepada masyarakat mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini ditekankan pada manajemen pengelolaan koperasi sehingga akan menjadi lembaga yang produktif.

Mitra diberi pemahaman tentang pengelolaan lembaga dengan pendekatan yang lebih holistik dan integratif sehingga skill yang diperoleh dapat dipergunakan sesuai kebutuhan, namun tidak terlepas dari norma etika dan estetika.

Manajemen pengelolaan produk, dengan harapan mitra dapat memahami kebutuhan dan peluang dalam proses pemasaran, dan efektivitas koperasi dalam memasarkan produk garam sehingga menjadi solusi alternatif pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi yang berbasisis pada indikator kinerja utama diantaranya capaian hasil kinerja dosen dimanfaatkan oleh masyarakat (IKU 5), bagi mahasiswa dapat menciptakan kelas yang kolaboratif dan partisipatif (IKU 7) dalam bentuk pengembangan rancangan pembalajaran semester sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus (IKU 2) yang nantinya akan doknversikan 20 SKS pengganti kuliah di kelas.

Pengelola koperasi produsen garam bahari Meugahna, Muhammad Isa pada kesempatan tersebut mengucapkan terimaksih kepada dosen dari Dosen Prodi Kehutanan Dan Teknologi Industri Pertanian fakultas pertanian Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, karena menurutnya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam mengelola koperasi sehingga kami berharap anggota-anggota koperasi meugahna dapat menjadi promotor dalam pengembangan produk garam yang dihasilkan, sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam peningkatan perekonomian anggota dan masyarakat secara umum. Selain itu, kami juga berharap garam meugahna ini dapat go nasional sehingga mampu bersaing dengan produk-produk garam lainnya.

Adapun tim pelaksana hibah ini terdiri dari Syifa Saputra, S.Pd., M.Pd. (Prodi Kehutanan), Baihaqi, S.TP., M.Si (prodi Teknologi Industri Pertanian), Aidil Ammar, S.P., M.Si. (prodi Kehutanan) Fakultas Pertanian serta di dampingi Afkar S.Pd,. M.Pd prodi Pendidikan Biologi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Almuslim.(Humas-Umuslim).