Umuslim latih Penggunaan Aplikasi Penjualan dan Pelaporan Keuangan Digital

Universitas Almuslim Bireuen Aceh yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memperoleh Hibah Program Insentif Pengabdian Masyarakat yang Terintegrasi dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU Bagi PTS Tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi melatih sejumlah mitra dalam hal Penggunaan Aplikasi Penjualan dan Pelaporan Keuangan Digital.

Pelatihan beberapa mitra toko retail di Keude Matangglumpang dua kecamatan Peusangan kabupaten Bireuen dalam hal Penggunaan Aplikasi Penjualan dan Pelaporan Keuangan Digital, sebagai implementasi pelaksanaan Hibah Program Kemandirian Masyarakat (KKM).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 Umuslim, Dr Halus Satriawan, M.Si, juga selaku anggota Tim, “program ini bertujuan untuk mengakselerasi Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi yang terintegrasi dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU.

Menurut ketua tim pengabdian Dr. Sri Wahyuni, SE., M.Si pemilihan mitra pengabdian yaitu toko retail di Keude Matangglumpangdua kecamatan Peusangan kabupaten Bireuen merupakan implementasi dari kerjasam antara Universitas Almuslim dengan beberapa toko mitra dan juga instansi kecamatan Peusangan, kemukiman, dan desa Keude Matangglumpang dua” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat memotivasi toko-toko lainnya untuk mengdigitalisasi sistem penjualan dan pencatatan keuangan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya, dimana tahapan yang dilakukan dimulai dari penjajakan kesediaan mitra, survei kebutuhan mitra, pengumpulan data untuk perancangan website, pembangunan website, FGD dengan mitra, serah terima barang berupa Website dan hari ini dilaksanakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Penjualan dan Pelaporan Keuangan Digital kepada mitra, ujar Dr. Sri Wahyuni, SE., M.Si.

Adapun tim pengabdian Universitas Almuslim Bireuen Aceh dalam kegiaatn tersebut Dr. Halus satriawan, M.Si, Dr ret rar, Ernawatita dan Dedy Armiady, S. Kom., M. Kom selaku ahli pengembangan Aplikasi.

Secara terpisah, Bukhari Husen selaku Kepala Desa Keude Matang sangat mendukung kegiatan ini, ia berharap adanya kegiatan ini maka semua toko yang ada di keude Matang dapat menggunakan aplikasi digital untuk dapat memudahkan dalam pencatatan keuangan.

Pada penutupan acara, Dr. Sri Wahyuni selalu ketua tim Program Kemandirian Masyarakat (KKM) mengucapkan terimakasih pada Ditjen diktiristek atas pembiayaan program ini, Rektor Umuslim, pihak kecamatan Peusangan, desa Keude Matangglumpangdua dan mitra toko ATK Raisa, Toko Ampon Andalas yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, ujar Sri Wahyuni. (Humas-Umuslim).