Dosen Umuslim Perkenalkan Pembelajaran Lesson Study kepada Ranger

Sejumlah dosen Universitas Almuslim (Umuslim) melakukan pelatihan model pembelajaran Lesson Study kepada para ranger (ibu penjaga hutan) Desa Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Ranger adalah sekolompok ibu-ibu penjaga hutan yang berfungsi untuk melindungi kawasan hutan negara atau hutan lindung melalui skema hutan desa menjadi praktisi lingkungan bidang edukatif.

Untuk mendukung dan menyahuti program para ranger, dosen Universitas Almuslim melalui skema program Hibah Kegiatan Kampung Bangkit (KKB) didanai oleh kemendikbudRistek mengadakan workshop model pembelajaran Lesson Study kepada mereka bertempat di embung hutan lindung Desa Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. (1- 2 Januari 2023).

Workshop dilaksanakan selama dua hari diikuti sebanyak 30 orang ranger, didampingi LSM Burni Telong beserta Anggota dari KPH.

Menurut salah seorang dosen yang memberi materi tentang Lesson Study, Misnar, MA, workshop yang dilakukannya sangat menarik, dimana selama ini metode lesson study dilaksanakan untuk satuan pendidikan dan guru menjadi sasarannya.

Tetapi workshop kali ini diikuti ranger terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan dilatih model pembelajaran lesson study dengan tujuan mengedukasikan pentingnya hutan untuk dijaga dari berbagai mara bahaya.

Dasar melaksanakan workshop bagi ranger, beranjak dari pengalaman buruk tahun 2015, dimana desa Damaran Baru pernah diterjang banjir bandang menyebabkan dampak kerugian yang sangat besar bagi masyarakat.

Workshop dilaksanakan secara outdoor sehingga memudahkan para peserta untuk dapat berinteraksi langsung dengan alam dengan contoh yang disajikan oleh pemateri.

Diharapakan adanya edukasi melalui workshop dapat memberikan dampak positif bagi para ranger khususnya dalam ilmu keguruan, dimana mereka berperan menjadi guru (praktisi) untuk mengedukasikan tentang lingkungan, khususnya tentang hutan lindung Desa Damaran Baru, jelas ketua pelaksana kegiatan Dr. Najmuddin, MA.

Adapun dosen yang terlibat dalam program ini terdiri dari berbagai bidang keilmuan, seperti misalnya Dr. Halus Satriawan, M.Si, Bidang ilmu tanah), Nuraida, SP., M.Si. (Ilmu kehutanan), drh. Yusrizal Akmal, M.Si. (ilmu Perairan), Dr. Najmuddin, MA (Ilmu Pendidikan Islam) dan Misnar, MA (Bidang Lesson Study).

Kegiatan ditutup dengan penanaman pohon oleh para dosen bersama sejumlah siswa dan juga masyarakat Desa Damaran Baru.(Humas-Umuslim).