38 Mahasiswa Umuslim lulus Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023

Tiga puluh delapan mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kabupaten Bireuen, dinyatakan lulus Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023, demikian disampaikan koordinator MBKM Universitas Almuslim Misnawati, M.Pd, didampingi PIC atau koordinator PT kampus mengajar Angkatan 5 Universitas Almuslim Rahmi Hayati, M.Pd.

Menurut Wakil rektor I Umuslim Dr. Halus Satriawan, SP., M.Si program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan bentuk kegiatan pembelajaran dicanangkan Kemendikbudristekdikti bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Program kampus mengajar ini sangat baik dan kesempatan emas bagi mahasiswa yang lulus untuk memperoleh pengalaman dan berinteraksi langsung dengan pihak dinas dan sekolah.

Adanya program ini bisa menambah dan memperbaharui pola pikir mahasiswa dalam menghadapi tantangan kerja yang semakin sulit, serta dapat meningkatkan soft skill dan hard skill seperti; komunikasi, kerjasama, keterampilan dan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Secara terpisah Rektor Universitas Almuslim Dr. Marwan, M.Pd mengucap syukur dan selamat ke 38 mahasiswa pada Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023. Pihaknya mengucapkan selamat kepada mahasiswa atas keberhasilan puluhan mahasiswa Umuslim lulus Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023.

Keberhasilan ini berkat kerja keras dan kerjasama yang baik seluruh komponen yang terlibat baik koordinator MBKM, PIC kampus mengajar Angkatan 5, jajaran rektorat, dekanat, ka prodi dan seluruh civitas akademika Universitas Almuslim.

Diharapkan mahasiswa yang dinyatakan lulus dapat mengikuti program ini baik dan dapat membawa nama baik kampus di sekolah lokasi penempatan, harap Dr.Marwan,MPd.

Kami terus mendorong seluruh dosen dan mahasiswa untuk berpartisipasi dan mengikuti secara aktip dalam program kampus merdeka (MBKM), termasuk dengan bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) kampus mengajar, ujarnya.

Koordintor MBKM Umuslim Misnawati, MPd menjelaskan bahwa jumlah mahasiswa yang lulus angkatan ini lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, mereka yang lulus nantinya berhak mendapatkan konversi nilai sebanyak 20 SKS.

iharapkan kepada mahasiswa mampu untuk membangun 6cs of Education yaitu Character (karakter), Citizenship (kewarganegaraan), Collaboration (kolaborasi), Communication (komunikasi), Creativity (kreatif) dan Critical Thinking (berpikir kritis), serta mampu mengimplemtasi kecakapan 6C tersebut dalam proses pelaksanaan kampus mengajar disekolah nanti, ujarnya.

Menurut PIC atau koordinator PT kampus mengajar angkatan 5 Universitas Almuslim Rahmi Hayati, M.Pd. mahasiswa peserta kampus mengajar angkatan 5 nantinya, mereka melaksanakan tugas dengan mendampingi guru dalam mengajar, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi kepada peserta didik disekolah, mengidentifikasi dan analisis masalah dan mencari solusi atau merancang program pemecahannya.

Adapun mahasiswa yang lulus dari Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 21 mahasiswa, yaitu: Zuhra Fahira, Azizar Aula, Ismi Nadia, Norita Anisa, Misbahul Jannah, Putri Haiva, Putri Nazira, Nurhadia Humaira, Fakhrurrozi, Siti Humaira, Nadia, Ivanatun Nisa, Salsabila Zalthie, Nurul Ahya, Izzatun Nisa, Khairiani Wulandari, Aulian Saputri, Zuhratun Safara, Farah Dilla, dan Putri Khairina.

Dari program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ada 5 mahasiswa : Mauizatul Hasanah, Dea Safira Rizky, Irfan Rinaldy, Maulida Hanum, dan Nanda Sundana.

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP sebanyak 3 mahasiswa, Nur Nasywa Jaesa dan Nuraida, Cici Chalimatus Sakdiah. Program Studi Pendidikan Ekonomi sebanyak 3 mahasiswa, Farah Nabila, Dini Rifani, dan Mardhiah.

Kemudian dari Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Studi Peternakan (FP), Prodi Administrasi Bisnis dan prodi Administrasi Publik (FISIP) masing-masing 1 mahasiswa yaitu; Annisa Febrina, Hafidz Ahmad, Alifah Aqila, Rizka Fitria, dan Muhajir. (Humas-Umuslim)