Mahasiswa Umuslim Peserta KKM Dibekali Penggunaan Aplikasi Sigap

Mahasiswa Umuslim yang akan KKM ke Pidie Jaya, Selasa (17/1/2023) mengikuti

Sebanyak 314 mahasiswa Universitas Almuslim ( Umuslim) Peusangan Bireuen dalam waktu dekat akan melaksanakan pengabdian berupa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di empat kecamatan kabupaten Pidie, Jaya, sebelum berangkat ke lokasi pengabdian di Kabupaten Pidie Jaya para mahasiswa dibekali cara penggunaan aplikasi Sistem Informasi Gampong (Sigap).

Ketua panitia pelaksana KKM Drs Syarkawi M.Ed , Selasa (17/01/2023) mengatakan, seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan KKM di Pidie Jaya dibekali cara penggunaan aplikasi Sigap untuk diterapkan di lokasi KKM nantinya, pelatihan berlangsung selama satu hari penuh berlangsung di Auditorium Academik Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan, Umuslim, Selasa (17/1/2023).

Para mahasiswa dengan peralatan laptop masing-masing dikelompokkan berdasarkan kelompok desa masing-masing mengikuti pelatihan dan dipandu para tenaga ahli.

Menurut Drs Syarkawi M.Ed, Aplikasi Sigap merupakan aplikasi resmi Pemerintah Aceh yang merupakan instrumen terkini berbasis web, sesuai Pergub Aceh nomor 33 tahun 2021, yang bisa mendukung sharing pemanfaatan data melalui import Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), data Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE), serta integrasi Data Kependudukan Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) ke dalam aplikasi Sigap, sehingga teroptimalisasi layanan kepada masyarakat.

Aplikasi Sigap merupkan salah satu aplikasi yang akan diterapkan di desa nantinya, pelatihan menghadirkan tenaga pelatihan Drs Wardana MSi selaku Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Sumberdaya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) provinsi Aceh, Mulki Adli SE MM Staf Pemanfaatan SDA dan pengembangan bidang PLSDA/TTG DPMG Aceh.

Pelatihan juga turut dibantu juga Barmawi, Agustiar dan Mus Arhan yang merupakan tenaga teknis yang sudah berpengalaman di lapangan dalam hal penggunaan aplikasi berbasis data ini.

Diharapkan adanya pelatihan sistem Sigap bagi mahasiswa peserta KKM diharapkan bisa membantu gampong lokasi KKM Umuslim di empat kecamatan kabupaten Pidie Jaya untuk meningkatkan fungsi dan manfaat dalam hal pengisian data gampong dan pemerintah daerah di aplikasi Sigap tersebut.

Secara terpisah Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd menyambut baik materi pembekalan bagi peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) (Umuslim) di Kabupaten Pidie jaya, harapanya semoga materi atau program ini bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat dan Pemerintah Pidie Jaya.
“ Saya mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan bisa menerapkan langsung di lokasi pengabdian dengan penuh keikhlasan”, harap Dr.Marwan,MP.d.(Humas-Umuslim)