Forum DAS Peusangan gelar MUBES

Forum DAS Peusangan bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Almuslim melaksanakan musyawarah besar anggota forum DAS Peusangan berlangsung di ruang seminar kampus Ampon Chiek Peusangan Universitas Almuslim, Rabu (25/1/2023).

Forum DAS Peusangan merupakan organisasi masyarakat berbentuk forum multi stakeholder yang berkomitmen untuk pelestarian sumberdaya alam dan pengelolaan daerah aliran sungai secara terpadu dan berkelanjutan.

Forum DAS Peusangan dibentuk pada tanggal 12 April 2011 di Gampong Simpang Mulia Kec. Juli Kabupaten Bireuen melalui kesepakatan bersama pemerintah 5 kabupaten/kota yang masuk dalam landscape DAS Peusangan.

Dalam musyawarah besar tersebut turut hadir perwakilan dari akademisi, LSM dan lembaga pemerintahan yang ada dalam wilayah DAS Peusangan antara lain dari kabupaten Bireuen, Bener Meriah, Takengon Aceh Utara dan Pidie Jaya.

Ir. Razuardi, MT selaku pendiri Forum DAS Peusangan pada kesempatan Mubes menyampaikan bahwa Forum DAS Peusangan dibentuk untuk menjaga keseimbangan antara hulu dan hilir DAS Peusangan.

Turut memberikan sambutan Direktur Program Pascasarjana Universitas Almuslim Dr. Cut Azizah, MT menyampaikan bahwa Program Pascasarjana khususnya Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) sangat mendukung berbagai upaya kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan kelestarian DAS Peusangan.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam musyawarah besar Anggota Forum DAS Peusangan antara lain AD/ART Forum DAS Peusangan, rekomendasi program kerja untuk periode tahun 2023-2028, serta pemilihan ketua baru Forum DAS Peusangan.

Dalam munsyawarah tersebut Suhaimi hamid, S.Sos., M.sp terpilih sebagai ketua Forum DAS Peusangan periode tahun 2023-2028.
Dalam pidatonya Suhaimi Hamid berharap kedepannya Forum DAS Peusangan ini dapat membawa dan menciptakan DAS Peusangan yang lestari antara di semua sektor, baik pemerintah ,LSM,akademisi dan masyarakat.

Selain itu, acara juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Kelompok Mandiri Mitigasi Konflik Satwa Gajah dan Manusia di Kabupaten Bireuen dilakukan oleh Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D,.

Acara turut dihadiri Ketua DPRK Bireuen yang juga ketua Pembina yayasan Almuslim Peusangan Rusidi Mukhtar,S.Sos, Rektor Umuslim Dr.Marwan,Mpd, sejumlah SKPK, akademisi dan sejumlah pemerhati dan pengiat lingkungan. (Humas-Umuslim)