Mahasiswa KKM praktek belajar menanam bawang secara langsung pada lahan Tumpangsari

Mahasiswa yang melaksankaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim (Umuslim) disela-sela melaksanakan program KKM di Desa Tuha, kecamatan Trienggadeng Pijay membantu petani bawang membersihkan gulma dan juga belajar secara langsung pada lahan tumpang sari.

Mahasiswa KKM membantu melakukan pencabutan gulma dan belajar cara menanam tanaman bawang merah pada lahan tumpangsari.

Pencabutan gulma bertujuan agar tanaman tumbuh dengan baik dan meningkatkan hasil produksi, Ujar salah seorang mahasiswa KKM Elia Noviza.

Menurutnya pembersihan gulma akan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bawang merah lebih cepat, selain itu kami juga ikut belajar secara langsung di lapangan, ini tentunya juga merupakan harapan dari program MBKM, ujar salah seorang peserta KKM.

Salah seorang petani bawang tempat mahasiswa melakukan pengabdian, Pak Mustamam mengatakan alasan membuat tumpang sari penanaman bawang “karena musim hujan banyak tanaman bawang mati sehingga melakukan tumpang sari”, jelasnya.

Melakukan tumpang sari untuk mengoptimalkan pengolahan lahan dan meningkatkan hasil produksi karena faktor cuaca yang tidak mendukung yang mengakibatkan bawang kurang bagus untuk di pasarkan, jelas Pak Mustamam.

Menurut mahasiswa KKM, mereka selain melakukan program yang telah ditentukan di kampus seperti penginputan data SIGAP dan beberapa program mandiri lainnya, selama di desa lokasi KKM, juga banyak belajar berbagai ilmu kemasyarakatan termasuk ilmu pertanian.

“Kami banyak mendapatkan ilmu tambahan dari masyarakat, baik kemasyarakatan maupun bentuk kearifan lokal lainnya dari masyarakat Pidie Jaya.

Kami juga ikut belajar secara langsung dari masyarakat yang sudah sangat berpengalaman tentang penanaman bawang dan tanaman muda lainnya pada lahan tumpangsari seperti cabe dan sawi, ujar Yulia Pasha didampingi Elia Noviza dan Razmi Wahyu Fhinnur.

Pak Mustamam mengucapkan terima kasih kepada mahasiswi KKM karena telah membantu dirinya membersihkan gulma pada lahan tumpang sari miliknya.

Adapun yang melaksanakan KKM di Desa Tuha terdiri dari Abdul Razak, Elia Noviza, Yulia Pasha, Razmi Wahyu Fhinnur dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Koji Al Adam, S.Pt., M,Si.(Humas-Umuslim).