Umuslim Teken MoU dengan BNN Provinsi Aceh

Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, berlangsung di ruang creatif center Aula M.A Jangka Universitas Almuslim, selasa (14/3/2023).


Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) ditandatangani masing-masing oleh rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd dan Brigadir Jenderal Polisi Ir. Sukandar, M.M Kepala BNN Provinsi Aceh, turut disaksikan Pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar,S.Sos dan kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bireuen AKBP Trisna Sapari Yandi, SE.

Bersamaan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) juga dirangkaiakan kuliah umum dengan pemateri Brigadir Jenderal Polisi Ir. Sukandar, M.M Kepala BNN Provinsi Aceh.
Kuliah umum bertema “Membangun Generasi Muda Cerdas, Bebas Dari Narkoba,” diikuti lebih kurang 300 peserta tersebut dimoderatori Rahmat, SoS., M.AP merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim.

Menurut Brigadir Jenderal Polisi Ir. Sukandar, M.M, saat ini manyoritas penyalahgunaan Narkoba adalah generasi pada umur 20 hingga 45 Tahun.

Rentang tahun tersebut merupakan usia produktif untuk pengembangan diri, namun banyak Generasi Muda kita malah sudah terkena Narkoba.”jelas Ir. Sukandar. MM yang baru beberapa bulan menjabat Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, jelasnya.


Tambah Brigadir Jenderal Polisi Ir. Sukandar, M.M lagi, saat ini BNN memiliki 4 Strategi dalam penanganan Narkoba. Pertama, Soft Power Approach yaitu melalui pencegahan, pemberdayaan, dan rehabilitasi.

Kedua, Hard Power Approach yaitu pencegahan yang melibatkan TNI dan Polri.

Ketiga, IT Approach yaitu penggunaan teknologi informasi, dan Keempat, Cooperation yaitu kolaborasi dengan mitra-mitra strategis dalam memerangi Narkoba.

Jadi kehadiran Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh dan BNNK ke Universitas Almuslim hari ini adalah sebagai bentuk implementasi strategi BNN keempat, jelasnya

Kolaborasi antara BNN dan Universitas akan terus dilanjutkan sebagai salah satu upaya mewujudkan Generasi emas Indonesia pada tahun 2045, ujarnya.

Dalam kuliah umum tersebut turut menyampaikan sambutan Pembina Yayasan Almuslim Rusyidi Mukhtar,S.Sos dan Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd.pada kesempatan tersebut sepakat untuk membantu Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh untuk memerangi Penyalahgunaan Narkoba, terutama untuk di lingkungan Perguruan Tinggi.

Kegiatan diakhiri dengan ikrar Slogan dipimpin Rektor Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd “BNN-Universitas Almuslim, Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Selain dihadiri ratusan peserta terdiri dari mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga turut hadir wakil rektor I, kepala biro dan sejumlah dosen dan pimpinan fakultas lingkup Universitas Almuslim.(Humas-Umuslim).

sumber Foto : Ridwan dan Rizal