Prodi Kehutanan dan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Umuslim lakukan Pelatihan Penyusunan RPS

Program Studi Kehutanan dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Almuslim menyelenggarakan “Rapat Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)”, Rabu (5/4/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh dosen homebase serta dosen-dosen yang mengajar di Program Studi Kehutanan dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Acara penyusunan RPS ini dilaksanakan secara Hybrid (Luring di Ruang Rapat Fakultas Pertanian dan Daring melalui Zoom Meeting).

Pelatihan penyusunan RPS ini bertujuan untuk menyusun sekaligus melakukan review terhadap RPS yang telah disusun untuk kurikulum baru Tahun 2023 dimana kurikulum tersebut telah mengakomodir program Kampus Merdeka (MBKM). Pelatihan penyusunan RPS diisi oleh narasumber Bapak Dr. Syifa Saputra, M.Pd yang merupakan dosen senior di Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.

Pada kegiatan Workshop ini materi yang diberikan diantaranya adalah materi penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sesuai dengan Kurikulum 2023 untuk Program Studi Kehutanan dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Almuslim dan juga praktek langsung pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi Dosen.
Ketua Program Studi Kehutanan Universitas Almuslim Nuraida, SP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyusunan RPS merupakan salah satu point penting yang harus dilakukan oleh setiap dosen sebelum melakukan perkuliahan.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk dukungan Prodi untuk mendukung program kegiatan belajar mengajar, agar setiap dosen pengampu mata kuliah mampu menyusun RPS mata kuliah yang diasuh. Di samping itu, ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Almuslim Baihaqi, S.TP., M.Si sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dosen demi untuk terlaksananya program perkuliahan.

Di sisi lain Dekan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim Dr. Elfiana, M.Si sangat mendukung kegiatan penyusunan RPS ini guna meningkatkan ketrampilan para dosen. (Humas-Umuslim).