Tengku Dayah Darul ‘Ulum Abu Tanoh Mirah, Raih Gelar Sarjana HI Universitas Almuslim

Tengku Muhammad Rifqi Alhanif lebih dikenal panggilan Tgk Hanif berasal dari Gampong Babah Dua kec. Indra Jaya Lamno Kabupaten Aceh Jaya, meraih gelar sarjana Ilmu Hubungan Internasional pada prodi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Almuslim.

Tengku Muhammad Rifqi Alhanif Putra sulung dari Tahuruddin Sufi (Ayah) dan Halimatus Sakdiah (Ibu) saat tugas akhir/Skripsi mengangkat judul skripsi berjudul “ Analisis Konsep Ummah berdasarkan Kitab Al-Wasith dan Kemungkinan Pengaplikasiaannya di Kancah Internasional.” dengan pembimbing Fauzi, S.IP., MA dan Risky Novialdi, S.IP., M.HI, sedangkan penguji Al-Azhar, S.S., M.Sos dan Taufik Akbar, S.IP., M.Han.

Tgk Hanif disamping menjadi seorang mahasiswa aktif, kesehariannya juga berprofesi sebagai Tengku di Dayah Abi Hafid kawasan Tanoh Mirah Peusangan, keberhasilan meraih sarjana telah memupus anggapan pemikiran sebagian masyarakat tentang sulitnya kolaborasi antara ilmu dayah dengan pegetahuan umum.

Mainstream tentang guru di Dayah yang biasanya hanya mengkaji ilmu di balai, mulai diubah dengan mengkaji ke lingkup hal yang lebih luas, sebagaimana hal yang telah dilakukan Tgk Hanif, tidak meninggalkan kepakarannya di bidang kajian Islam, di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Almuslim beliau juga tetap mengambil konsentrasi Islam dan Hubungan Internasional (ISHI).

Setelah mempertahankan Skripsi tersebut selama kurang lebih 2 jam di depan penguji, akhirnya Tgk Hanif juga merupakan keponakan dari Muhammad Hafid, S.Sy pimpinan LPI Dayah Darul ‘Ulum Al- hikmah Paya Aboe Peusangan, Imum Chik Masjib Besar Peusangan, dinyatakan lulus dengan hasil sangat memuaskan.

Atas keberhasilan tersebut Tengku Muhammad Rifqi Alhanif bersujud syukur kepada Allah SWT, dan mengucapkan terimakasih kepada Muhammad Hafid, S.Sy, “Abi Hafid Motivator saya dalam menempuh perkuliahan di Universitas Almuslim, sampai saya basa menyandang gelar sarjana S.Hub.Int (Sarjana Hubungan Internasional) “ ungkapTengku Muhammad Rifqi Alhanif dengan terharu.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim, Rahmad, Sos., M.AP, mengatakanTengku Muhammad Rifqi Alhanif telah melewati sebuah proses yang sangat hebat, di tengah kesibukan beliau sebagai Teungku di dayah dan aktif sebagai pengkhutbah dan penceramah, Teungku Hanif masih sempat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tepatnya program studi HI Fisip Umuslim,ujar Rahmad. (Humas-Umuslim).