Mahaasiswi Kebidanan Umuslim lakukan Penyuluhan tentang Gangguan Menstruasi di SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng.

Mahasiswi dan dosen Program Studi Diploma lll Kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, melakukan penyuluhan tentang menstruasi dan gangguannya pada remaja putri siswi SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, sabtu (10/06/2023).

Acara penyuluhan menstruasi dan gangguan menstruasi pada remaja putri dihadiri Kepala Sekolah, Guru, siswi SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng dan dosen serta mahasiswi Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim.

Kepala sekolah SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng Aidar, S.Pd sangat senang dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa dan dosen Program Studi D-lll kebidanan Universitas Almuslim (Umuslim) berpartisipasi dalam proses penyuluhan menstruasi dan gangguan menstruasi pada remaja putri, khususnya siswi di SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng.

Selain itu sekolah juga bekerja sama dengan petugas kesehatan dalam rangka pencegahan anemia pada remaja putri yaitu pemberian tablet tambah darah yang dilakukan setiap satu bulan sekali, juga ada kegiatan senam yang dilaksanakan pada hari selasa dan rabu pada setiap bulan, ungkap Aidar, S.Pd.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswi SMPN 2 Peusangan Siblah Krueng sebagai upaya memberi pemahaman kepada siswa tentang menstruasi dan gangguannya, ujar Aidar S.Pd.

Aidar S.Pd mengharapkan agar kegiatan penyuluhan dapat dilakukan secara rutin di sekolah tersebut, agar siswi mengetahui secara luas tentang kesehatan reproduksi wanita terutama menstruasi dan gangguannya dalam proses pencegahan terjadinya infeksi pada organ reproduksi wanita.

Dosen pembimbing Nuraina, S.Tr.Keb.,M.Keb pada kesempatan tersebut menyampaikan penyuluhan ini sebagai proses pembelajaran untuk mahasiswi Program Studi D-lll Kebidanan Umuslim.

Menurut Nuraina,, penyuluhan menstruasi dan gangguan menstruasi ini dilatar belakangi oleh kurangnya informasi dan kesadaran siswi terkait menstruasi dan gangguannya.

Banyak siswi yang belum mengerti tentang menstruasi untuk kesehatan terutama untuk mencegah gangguan menstruasi pada remaja putri, ujar Dosen prodi Kebidanan Umuslim.

Banyak hasil riset menyebutkan bahwa penyuluhan tentang menstruasi di sekolah-sekolah sangat penting dilakukan dikarnakan banyaknya remaja putri yang belum mengetahui tentang kesehatan reprosduksi wanita terutama menstruasi dan gangguan menstruasi.

Ketua kelompok penyuluhan Kebidanan Program Studi D-III Kebidanan Universitas Almuslim Cut Putri Maysara mengatakan dengan adanya penyuluhan tentang menstruasi dan gangguannya ini siswi dapat mengetahui secara baik tentang kesehatan reproduksi wanita dengan begitu siswi dapat menjaga kesehatan organ reproduksinya dengan baik dan benar.(Humas- Umuslim).