Siswa SMK Ikuti Pelatihan Mekanika Gerak 3 Dimensi

Sebanyak 27 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Gandapura 5 orang dosen dan 3 orang mahasiswa
mengikuti Pelatihan Mekanika Gerak 3 Dimensi

Kegiatan berlangsung tanggal 30 Mei – 15 Juni 2023 (dimulai dari dari Survey hingga pelaporan) dan pelaksanaanya pada tanggal 13 Juni 2023, jelas salah seorang dosen pengajar Animasi Fakultas Ilmu Komputer T. Rafli A., S.Sn., M.Sn.

Menurut Kepala Sekolah SMK 1 Gandapura M.Yusuf,SPd, Jurusan Animasi di SMK merupakan jurusan baru di Kabupaten Bireuen. Bahkan saat ini merupakan satu-satunya SMK Jurusan Animasi yang ada di Provinsi Aceh.

Karena terbatasnya tenaga pengajar bidang Animasi,kami bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan untuk bisa membnatu melaksanakan pelatihan bagi siswa-siswa SMK.

Ketua Jurusan Animasi di SMK 1 Gandapura Ediyanto, S.Kom,tujuan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi Siswa SMK 1 Gandapura khususnya Jurusan Animasi.

Materi Pelatihan meliputi tentang rigging atau mekanika gerak untuk siswa kelas 1 (karena kelas Animasi baru kelas X, belum ada kelas 2, dan 3)

Rigging adalah memasang atau memberikan struktur tulang pada objek 3 dimensi, agar ke depannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut.

Rigging merupakan hal yang penting jika kita membuat mahluk hidup yang dapat bergerak, biasanya pada aplikasi 3D seperti 3D Max, Maya atau Blender, jelas T. Rafli A., S.Sn., M.Sn dosen pengajar Animasi Fakultas Ilmu Komputer.

Adapaun dosen yang terlibat dalam pelatihan tersebut T. Rafli A., S.Sn., M.Sn, Dedy Armiady., M.Kom, Munar, ST., M.Kom, T. M. Johan, M.IT, Rizka Ramadhana, MT , dan juga terlibat tiga mahasiswa prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer Mufazdhal, M.Akbar Meuraxa dan Muharis. (Humas-Umuslim).