Prodi Informatika Medis Fikom Umuslim Kuliah Lapangan ke RS.Bireuen Medical Center (BMC)

Puluhan mahasiswa Prodi Informatika Medis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim melakukan Kuliah Lapangan ke RS.Bireuen Medical Center (BMC), Kmais (30/11/2023).

Menurut dosen pendamping kuliah lapangan Prodi Informatika Medis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Agustina, S.SiT., MKM didampingi Sri Raudhati, S.SiT., MKM, tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa terhadap dunia kerja dan lapangan kerja secara langsung.

Lokasi kuliah lapangan dilaksanakan di rumah sakit Bireuen Medical Center (BMC), yang merupkaan salah satu rumah sakit swasta favorit di Kabupaten Bireuen.

Kuliah lapangan merupakan salah satu bentuk implementasi mata kuliah Administrasi Data Kesehatan, sehingga kami memilih Rumah sakit menjadi objek yang sangat bagus untuk membantu mahasiswa dalam belajar dan menimba pengalaman di lapangan khususnya berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS), ujar Agustina, S.SiT., MKM.

Pada saat kuliah lapangan mahasiswa mendapat penjelasan Muhammad Erwin, ST, kepala Komite Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS), kepala Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPSRS), dan penunjang non medik.

Menurutnya RS.Bireuen Medical Center (BMC) telah menggunakan sistem informasi aplikasi SIMRS-GOS versi 2 dan 3 dan juga bagaimana suatu Pengelolaan dan Manajemen Rumah Sakit yang baik, jelasnya. 

Selain itu rumah sakit tersebut juga sudah menggunakan sistem registrasi rawat jalan juga sudah menggunakan sistem teknologi online yaitu pasien yang ingin berobat jalan bisa langsung menggunakan Mobile JKN untuk melakukan registrasi.

Kemudian pada kesempatan tersebut Sri Raudhati, S.SiT.,menambahkan kegiatan lapangan, mahasiswa selain mendapat simulasi langsung tentang berbagai peralatan dan data base Rumah sakit juga melakukan peninjauan khusus ke lokasi unit kerja rumah sakit.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa juga dibawa berkeliling keberbagai ruang serta mendapat penjelasan tentang alur layanan seperti pelayanan rawat jalan, rawat inap, UGD, bagian poli klinik, farmasi, bagian radiologi, dan sistem pelaporan data rekam medic(medical record) yang ada di Rumah Sakit tersebut.

Kemudia Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Informatika Medis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Muhammad Fataya Bilaisthi usai melakukan kunjungan lapangan menyampaiakan, rasa senang dan bangga mengikuti kuliah lapangan langsung ke rumah sakit, adanya kuliah lapangan ini telah membuka wawasan dan pengalaman kami mahasiswa tentang prodi Informatika Medis, ujarnya.(Humas-Umuslim).