Kepala LLDikti Aceh harapkan Umuslim menjadi role model implementasi MBKM Mandiri di Aceh

Kepala LLdikti Wilayah XIII Aceh Dr.Rizal Munadi,MM., MT berharap agar Universitas Almuslim dapat secara aktif dan konsisten mengikuti program MBKM.

Program MBKM dilaksanakan Umuslim hendaknya tidak hanya dibatasi oleh program flagship yang disediakan Kementerian (atau Pemerintah), tetapi juga mengimplementasikan MBKM Mandiri.

Jika bisa berjalan dengan lancar, maka tidak menutup kemungkinan Universitas Almuslim dapat menjadi role model atau pilot project dari implementasi MBKM Mandiri di Aceh”, harap Rizal Munadi.

Apalagi Universitas Almuslim salah satu perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan Anugerah Award LLdikti Aceh bidang penyelenggaraan MBKM terbaik.

Demikian harapan Kepala LLdikti Wilayah XIII Aceh Dr.Rizal Munadi,MM., MT saat menyampaikan pidato pada acara rapat senat terbuka dalam rangka wisuda ahli madya, sarjana dan magister Universitas Almuslim Angkatan XXXVI, bertempat di halaman gedung MA Jangka kampus induk Umuslim,  Sabtu (16/12/2023).

Selain itu Rizal Munadi, pada acara yang turut dihadiri Rektor USK Prof Dr Ir Marwan IPU juga menyampaikan bahwa perjalanan panjang studi, berbuah pada hasil yang diharapkan, menjadi wisudawan/wati sesuai program studi yang ditekuni.

Gelar akademik secara resmi akan melekat pada diri anda semuanya, secara formal administratif, anda semua telah berpisah dengan tempat studi, Universitas Almuslim, ungkapnya.

Namun ikatan emosional dan kebanggaan, tentu akan melekat sepanjang hayat dan ini perlu dijaga agar kontribusi yang anda berikan dapat memberikan dampak baik pada perguruan tinggi yang telah melahirkan dan sebagai wisudawan/wisudawati.

Menurutnya hari ini Universitas Almuslim telah meraih peringkat akreditasi B dan akan berakhir pada tahun 2027.

Meskipun wisuda ini menjadi penanda berakhirnya masa perkuliahan secara formal di kampus, bukan berarti Saudara berhenti belajar.

Terus gali ilmu pengetahuan yang tersedia di berbagai sumber belajar, harapnya.

Karena sejatinya belajar itu tidak dibatasi ruang dan waktu. Belajar bisa dilakukan di manapun dan kapanpun selama kita ada kemauan untuk terus tumbuh dan mengembangkan diri.

Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya dan seluruh penghuni langit dan bumi sampai semut di dalam lubangnya, sampai semua ikan, itu semuanya mendoakan orang yang mengajarkan kepada manusia lainnya tentang kebaikan.

Allah berfirman: “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberi ilmu di antara kalian beberapa derajat.” (QS Al Mujadilah ayat 11).

Menurut Rizal Munadi saat ini,
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII menaungi dan melakukan pembinaan dan pengawasan mutu Pendidikan pada 83 Perguruan Tinggi Swasta dan menjadi Lembaga yang memberikan layanan kepada seluruh PTN dan PT lainnya, khususnya dalam beberapa aspek seperti pemberian izin pembukaan program studi, rekomendasi akreditasi dan lainnya.

Untuk menjaga administrasi dan proses, salah satunya, LLDikti selalu melakukan verifikasi dan validasi atas usulan lulusan yang diajukan oleh Perguruan Tinggi Swasta, jelas Rizal Munadi.

Hari ini Universitas Almuslim, mewisuda lulusan sebanyak 642 orang, berdasarkan hasil verifikasi dan validasi, semuanya telah memenuhi syarat untuk diwisudakan.

Kami mengapresiasi Universitas Almuslim atas tertibnya administrasi dalam pengajuan rekomendasi kepada LLDikti.

Sejak awal tahun 2023 ini, LLDikti Wilayah XIII telah melakukan verifikasi dan validasi data calon lulusan by system dengan menggunakan aplikasi STEVY.

Melalui sistem ini, verifikasi data menjadi lebih mudah, akurat, dan cepat, serta mengurangi human error.

Melalui aplikasi ini, jumlah SKS-nya, akreditasi program studinya, masa studinya, dan komponen lainnya yang menjadi syarat kelulusan dilakukan proses verifikasi dan validasi.

Pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2023 yang lalu, LLDikti Wilayah XIII menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan Badan Penyelenggara dan Perguruan Tinggi, serta penganugerahan LLDikti XIII Award.

Anugerah ini diberikan kepada perguruan tinggi swasta di wilayah Aceh atas kinerjanya yang baik dalam hal pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan tinggi sepanjang tahun 2023.

Kami ucapkan selamat (sekali lagi) kepada Universitas Almuslim karena berhasil menjadi Universitas Terbaik tahun 2023 di wilayah Aceh.

Menurut Kelala LLdikti Aceh, saat rakor salah satu materi yang disampaikan Dr. Ating Yuniarti dari Direktorat Belmawa Diktiristek, bahwa ada enam skill yang dibutuhkan untuk dapat berkompetisi di abad 2.

Adapun skill tersebut di antaranya : (1) Communication; (2) Collaborations; (3) Critical Thinking; (4) Creativity; (5) Citizenship/Culture; dan (6) Character/ Compassion.

Keenam skill atau keahlian ini sedapat mungkin dikuasai agar dapat bersaing dengan SDM yang lain, agar mampu tampil unggul, papar Rizal Munadi

Ketika Saudara memasuki dunia kerja, masuk ke masyarakat dan dunia sosial, Saudara akan dihadapi oleh banyak persoalan dan permasalahan.

Kemudian Saudara dituntut untuk dapat menyelesaikannya dengan win-win solution, artinya tidak ada pihak yang dirugikan atas keputusan yang dibuat.

Maka kemampuan apa yang harus disiapkan? Tentunya kemampuan untuk membuat keputusan, analisis masalah, komunikasi dan kerja sama, berpikir kritis, kreatif dan inovatif untuk dapat menghadirkan berbagai opsi atau alternatif solusi pemecahan masalah.

Inilah yang harus Saudara siapkan agar dapat bertahan di dunia kerja dan masyarakat secara luas, harapnya.

Dua hal juga yang penting yaitu kemampuan untuk adaptif, dan bagaimana memiliki growth mindset.(Humas-Umuslim).