480 mahasiswa PPG dari 14 Provinsi lulus PPG di Umuslim

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Almuslim mengelar acara pelepasan 480 lulusan mahasiswa PPG dalam jabatan Tahun 2022 dan Tahun 2023.

Kegiatan pelepasan lulusan PPG dilakukan rektor universitas almuslim Dr.MarwannMPd dalam suatu acara berlangsung ruang creatif center gedung MA Jangka Universitas Almuslim, Sabtu (20/1/2024).

Menurut laporan panitia pelepasan Nurmina, M.Pd. Pserta yang mengikuti pelepasan sebanyak 480 lulusan berlangsung secara daring dan luring.

Hal ini karena peserta Program PPG Universitas Almuslim yang turut dilepaskan tersebut berasal dari 14 provinsi, di Indonesia.

Adapun peserta berasal dari provinsi Aceh, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, serta provinsi Bangka Belitung, rinci Nurmina.

Acara pelepasan selain dihadiri Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd., juga hadir Wakil rektor, Dekan dan jajaran dosen FKIP Universitas Almuslim, serta sejumlah guru pamong, diawali persembahan Tarian Ranub Lampuan dari Sanggar Merah Delima Universitas Almuslim.

Koordinator PPG Universitas Almuslim, M. Rezeki Muamar,M.Ed pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan pelepasan lulusan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh PPG Univeritas Almuslim setiap tahun.

Kegiatan ini diselenggarakan bagi mahasiswa yang sudah lulus mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Tahun 2022 dan Tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut M. Rezeki Muamar, M.Ed juga mengucapkan selamat kepada lulusan yang telah berhasil mendapat gelar Gr. atau lebih dikenal dengan guru profesional.

“Kegiatan pelepasan menjadi moment terindah bagi guru-guru yang lulus karena berkat usaha serta perjuangan mereka yang gigih membuahkan hasil yang manis”, uajr M.Rezeki Muamar..

“Dengan gelar tersebut diharapkan guru-guru akan lebih inovatif dalam mendesain pembelajaran, ungkap Rezeki Muamar lulusan salah satu universitas di Australia ini.

Sedangkan Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd. Pada kesempatan tersebut menyampaikan ”Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan program sangat bergengsi bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dalam mengajar.

Dengan ilmu yang diperoleh dari PPG ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi guru-guru dalam mendidik generasi muda di abad sekarang ini.”, harap Dr.Marwan,MPd.

Selain itu Dr.Marwan,MPd mengapresiasi program studi PPG Universitas Almuslim, dosen serta guru pamong atas keberhasilannya, mendidik, membimbing guru-guru SD, SMP, SMA dari berbagai wilayah di Indonesia menjadi guru profesional yang baik.

Di Akhir penyampaian kata sambutan, rektor Universitas Almuslim berpesan ”seorang guru harus menjadi role model bagi anak didik.

Seorang guru harus bisa menjadi mama, papa, kekek, nenek, kakak, adik, paman, tante, sahabat dan guru bagi peserta didik sehingga keberhasilanpun akan mudah diraih, ujar Marwan.

Teruslah belajar, jangan merasa cukup dengan apa yang telah diperoleh karena pendidikan itu tidak mengenal usia, tambah Marwan lagi.

Acara diakhiri penyerahan sertifikan kepada lulusan yang hadir secara luring sebagai tanda pelepasan, sedangkan lulusan mengikuti secara daring sertifikat akan dikirimkan ke alamat masing-masing lulusan di 14 provinsi seluruh Indonesia. (Humas-Umuslim).