Pemkab Abdya Silaturahmi ke Umuslim

Pejabat Pemerintahan Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hadir ke Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan di Matangglumpangdua Bireuen, Senin (29/02/2024).

Seperti dikutip dari https://acehcc.com/ 29/1/24, kehadiran sejumlah pejabat Pemkab Abdya ke kota sate Matangglumpang Dua dalam rangka memenuhi undangan Rektor Umuslim, Dr Marwan, M.Pd.

Para pejabat pemerintahan kabupaten yang berada di pantai barat Aceh ini disambut oleh Rektor Umuslim, Dr Marwan M.Pd didampingi Wakil Rektor I Dr Halus Satriawan, M.Si dan Plt Direktur Pascasarjana Dr Najmuddin MA,di ruang Rektor Umuslim, kemudian dilanjutkan diskusi di Rapat Gedung Ampoen Chiek Peusangan, Senin (29/02/2024).

Pada kesempatan tersebut rombongan Pemerintahan Kabupaten Abdya hadir Asisten Administrasi Umum, Edi Darmawan, S.Sos.,MM, Pejabat mewakili Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM yakni Kepala Pengembangan Kompetensi, Penilaian Kinerja dan Penghargaan, Yatul Hidayat, S.TP, M.Si.

Sedangkan Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd saat diskusi selain didampingi Wakil Rektor I Dr Halus Satriawan, M.Si dan Plt Direktur Pascasarjana Dr Najmuddin MA, juga hadir sejumlah Dekan dan pimpinan fakultas lingkup Umuslim lainnya.

Menurut Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr.Marwan,MPd, kedatangan tamu dari unsur pimpinan Pemkab Abdya dalam rangka penjajakan untuk menjalin kerjasama pengembangan sumber daya manusia di daerah tersebut.

“Insya Allah, kita menawarkan beberapa paket program pendidikan khusus dan program pascasarjana kepada pejabat, pegawai ASN dan masyarakat di kabupaten Aceh Barat Daya, nantinya” jelas Dr Marwan, MPd.

Beberapa minggu sebelumnya, kami juga sudah melakukan kunjungan ke kabupaten Abdya. Kunjungan hari ini merupakan balasan sekaligus undangan Rektor untuk membicarakan lebih lanjut tentang Kerjasama yang akan dilakukan kedua belah pihak, khususnya dalam mewujudkan tri darma perguruan tinggi Umuslim ke masyarakat, tambah Dr Marwan, MPd

Hal yang menarik, disebutkan oleh Asisten III pemkab Abdya Edi Darmawan, bahwa Umuslim kampus yang telah lama dan banyak berkiprah dalam meningkatkan SDM di tanah rencong ini.

Maka dengan kegiatan silaturahmi dan tukar pengalamaan hari ini, kami akan melaporkan nanti ke bapak PJ Bupati apa saja yang dapat dilakukan Kerjasama dengan Umuslim, sebut Edi Darmawan.

Menurutnya Kabupaten Abdya dalam beberapa tahun terakhir memang sedang berbenah memantapkan SDM disemua lini, sehingga telah banyak Kerjasama dengan pihak perguruan tinggi dilakukan, seperti dengan USK, UTU dan beberapa PTN/PTS dari Sumatera Utara, lanjut Asda III Abdya ini.

Kami memandang, dengan pengalaman dan professional dari beberapa program yang ada di Umuslim, seperti program S2 Magister, Progran Profesi Guru (PPG) dan juga adanya program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), suatu keniscayaan untuk bisa berkalobarasi dengan Program pembangunan SDM dan kompetensi yang kami bangun di Abdya, ujarnya.

Hal senada, juga diutarakan oleh Kepala Pengembangan Kompetensi, Kinerja dan penghargaan BKPSDM Abdya, Yatul Hidayat, S.TP, M.Si.

Menurut Yatul Hidayat, S.TP, M.Si. kerjasama ini dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan kompetensi pegawai di lingkungan Pemkab Abdya untuk program peningkatan Pendidikan lanjut, baik setara S2 dan S3.

Untuk itu, beberapa waktu lalu, kami telah memberi izin para pimpinan dan pegawai untuk melanjutkan studinya sesuai kebutuhan di tempat kerja” Ujar Yatul. (Humas-Umuslim).

Sumber : https://acehcc.com/2024/01/29/.