Mahasiswa Umuslim gelar Pekan Kebudayaan

 

 

 

Peusangan - Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Universitas Almuslim  mengadakan Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) yang akan di laksanakan halaman  depan gedung aula MA Jangka kampus Universitas Almuslim, tanggal 6-11 November 2018.

Menurut Presiden mahasiswa (Pema) Universitas Almuslim  Andi Maulana,Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) merupakan  kegiatan tahunan mahasiswa dan   tahun ini merupakan   kegiatan FKU yang ke-3 ini dilaksanakan.

Menurutnya tujuan kegiatan ini  untuk menumbuhkan dan meningkatkan  kreativitas  mahasiswa sebagai salah satu mata rantai pengembangan kehidupan yang berbudaya,  juga  untuk mempererat  hubungan silaturahmi,  kerja sama dan semangat kekeluargaan  antar mahasiswa di Universitas Almuslim, baik  bidang akademis dan kreativitas mahasiswa.

Apalagi mahasiswa  Universitas Almuslim berasal dari berbagai suku,  budaya yang ada di Indonesia, selain itu menurut panitia  kegiatan ini juga sebagai ajang untuk  menambah kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan di perguruan tinggi melalui pembinaan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa di bidang seni, budaya dan sosial jelas Andi Maulana 

Kegiatan  Festival Kebudayaan Umuslim (FKU) ke-3 ini mendapat dukungan penuh Rektor umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi, mengambil  tema "Memperkuat Ragam Budaya Tanoh Rencong di Universitas Almuslim", jelas  Presiden Mahasiswa Universitas Almuslim  Andi Maulana.

Ketua panitia Muhammad Daud menambahkan kegiatan festival kebudayaan umuslim ke-3 tahun 2018, memperlombakan 15 item perlombaan antara lain menulis opini, membaca puisi, fotografi, dodaidi (peuratep aneuk), fashion show TK, duta mahasiswa, vokal solo, stand kreativitas, panggung bersama, permainan tradisional seperti congklak, cakceng, bola sarung dan tarik tambang, peserta yg akan ikut serta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dan pelajar.

 

Selain itu juga ada kegiatan Donor darah dan  stand pameran kreatifitas mahasiswa yang melibatkan peserta dari   siswa dan mahasiswa dari universitas Pakuan Bogor, Universitas Gajah Putih Takengon, Akbid Munawarah Bireuen, dan beberapa perguruan tinggi lain di Bireuen dan Lhokseumawe,dan kami juga mengundang institusi TNI/Polri untuk ikut berpartisipasi, selain itu juga digelar konser Rialdoni  pada 10 November 2018 mulai pukul 14.00 WIB  di Auditorium Academic Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan kampus Universitas Almuslim, jelas Muhammad Daud.

Kegiatan direncanakan akan dibuka Bupati Bireuen H.Saifannur,S.Sos dimeriahkan dengan  tarian masal Nusantara, Saman Gayo, ratoh jaroe, tari guel, didong Gayo dan berbagai kesenian aceh dan nusantara lainnya persembahan dari mahasiswa umuslim. (Humas-Pema)