WWF dan LPPM Umuslim Mengadakan Diskusi Ilmiah tentang DAS Krueng Peusangan

WWF dan LPPM Umuslim mengadakan kerjasama melalui diskusi ilmiah pada 14 Juni 2014 di Guest House Universitas Almuslim. Diskusi ini mengambil tema ”Keanekaragaman Hayati DAS Krueng Peusangan”. Acara ini dihadiri oleh kalangan akademisi, pakar DAS, tokoh masyarakat, tokoh adat, pawang uteun, kalangan LSM, Pemkab, dan kepala dinas dalam lingkup provinsi Aceh. Pembahasan diskusi mencakup beberapa topik: “Strategi dan Teknologi Pengelolaan DAS untuk menjamin Keanekaragaman Hayati Berkelanjutan” dengan pemateri dari IPB, Prof.Dr.Ir. Naik Sinukaban, M.Sc; “Kebijakan Pemerintah Aceh Terhadap DAS Peusangan” dengan pemateri Dr. Husnan, ST., MP, Bappeda Provinsi Aceh; “Fatwa MUI Tentang Perlindungan Satwa Liar Indonesia” dengan pemateri dari Koordinator WWF, Chairul Saleih; “Fauna Endemik DAS Krueng Peusangan” dengan pemateri dari Universitas Gajah Putih, Iwan Hasri,S.Pi.M.Si; dan “Karakteristik DAS Krueng Peusangan” yang disampaikan oleh Rini Fitri, M.Si, Dosen Universitas Almuslim.


Prof. Naik Sinukaban menyampaikan diperlukannya pemahaman secara rasional dan bijak oleh masyarakat dalam mengekplorasi sumber daya alam yang ada agar dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Sedangkan pemateri dari WWF, menekankan pentingnya peran agama melalui pesan teologi yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadist tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Manusia diciptakan Allah SWT untuk menjadi wakil Tuhan, Kalifatullah di muka bumi. Untuk itu manusia harus mampu menjaga dan mengelola alam secara baik dan bijak.
Diskusi ilmiah ini melahirkan rekomendasi tentang pentingnya implementasi pengelolaan DAS terpadu yang melibatkan banyak pihak, seperti pemerintah, kalangan LSM dan akademisi, dan stakeholder. Diskusi ini dilaksanakan dengan terlebih dahulu dilakukan penandatangan MoU antara Ketua LPPM Universitas Almuslim dengan Koordinator Project Leader WWF Program Aceh. Kerjasama ini mencakup diskusi berkelanjutan, bantuan buku dari WWF ke Universitas Almuslim, pemberian dana penelitian bagi mahasiswa yang ingin riset tentang Harimau di Sumatra, dan kerjasama penelitian.
Dr. Hambali M.Pd  sebagai Ketua LPPM Universitas Almuslim mengharapkan semua hasil penelitian yang dilakukan Dosen dan Mahasiswa akan di presentasikan dan dipublish sehingga ini akan bermanfaat bagi ABG (Academic, Bussines and Goverment),  dalam kesempatan ini hadir sebagai peserta seminar tokoh adat di DAS Peusangan,    Vice President PT Arun, Kabag CSR dan R and LM)  PT Arun,  Penyuluh Kehutanan Swadaya, Penasehat Forum DAS Peusangan, LSM Adat Pelestarian Kearifan lokal, Bapeluh Bener Meriah, kepala BAPPEDA Aceh Utara, Aceh Tengah, Kabupaten Bireuen, dan Kab. Bireuen, Dinas Pertanian dan Kehutanan Aceh Tengah, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kab. Bireuen. Pemda Kab. Bireuen, Pemda Kab. Bireuen. Dishutbun Kab. Bireuen.

You are here: Home News and Events WWF dan LPPM Umuslim Mengadakan Diskusi Ilmiah tentang DAS Krueng Peusangan