Mahasiswi Kebidanan Umuslim laksanakan PBL

Peusangan-Sebanyak 29 mahasiswi Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim akan melaksanakan pengabdian dalam program asuhan kebidanan komunitas (Praktik Belajar Lapangan) di lima desa dalam  Kecamatan Kuta Blang.

Demikian disampaikan Direktur Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim  Nurhidayati, MPH, usai penyerahan mahasiswi yang akan melaksanakan praktek tersebut kepada camat Kuta Blang  yang diwakili Nurhasanah, SE, bertempat di kantor camat setempat, Kamis (27/12/2018). 

Menurut Nurhidayati pengabdian dalam bentuk program asuhan kebidanan komunitas ini merupakan kewajiban bagi mahasiswi yang menempuh pendidikan pada Diploma III Kebidanan Umuslim.

Tambahnya lagi bahwa program asuhan tersebut berfokus pada asuhan ibu dan anak yang bertujuan untuk memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan, jelas Nurhidayati yang pernah menyandang bidan teladan kabupaten Bireuen ini. 

Camat Kuta Blang yang diwakili Nurhasanah,SE, mengucapkan terimakasih atas dipilihnya kecamatan Kuta Blang sebagai lokasi pengabdian mahasiswi kebidanan umuslim dan mereka akan ditempatkan di lima desa dalam wilayah kecamatan Kuta Blang diantaranya Desa Buket Dalam, Desa Glee Putoh, Desa Crueng Kumbang, Desa Paloh Raya dan Desa Parang Sikureung. 

Mahasiswi akan berada di desa selama satu bulan, setiap desa ditempatkan sebanyak  5-6 orang, mereka akan dibimbing oleh  dosen pembimbing yang berjumlah 5 orang yaitu Nurhidayati, MPH, Drs. Yusri Yusuf, MM, Irma Fitria, SST., M.Keb, Herrywati Tambunan, S.Tr.Keb dan Agustina, S.SiT. 

Prosesi penyerahan mahasiswi asuhan kebidanan komunitas ke desa tersebut selain dihadiri mahasiswi, pembimbing lapangan juga hadir  muspika kuta blang dan geuchiek dari desa lokasi penempatan mahasiswi.(HUMAS)

 

Foto : Nurhidayati

Universitas Almuslim