Umuslim tambah dosen bergelar S3, siapa dia

Peusangan-Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen kembali mendapat penambahan satu lagi  dosen yang bergelar Doktor (S3) yaitu DR. Ir. OK Hasnanda Syahputra, MP, IPM setelah menyelesaikan studinya pada Institut Pertanian Bogor (IPB).

Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) DR.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan dosen bidang kehutanan ini menyelesaikan pendidikan strata tiga (S3) di IPB Bogor dan telah dilantik oleh Rektor IPB Dr.Arif Satria,SP.,MSi di Graha Widya Wisuda kampus IPB Bogor.

 “ Pak OK Hasnanda Syahputra,merupakan dosen tetap umuslim, sekarang menjabat sebagai kepala program studi (Ka Prodi) Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim” jelas H.Amiruddin Idris.

Dengan kepulangan beliau telah menambah jumlah komposisi dosen bergelar Doktor (S3) di kampus ini, sekarang ada sekitar 63 orang yang sedang menempuh pendidikan S3  baik di dalam maupun luar negeri, mereka mendapat beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, jelas Rektor Umuslim.

Secara berangsur-angsur mereka akan pulang, diharapkan dapat memperkuat kelembagaan dan peningkatan kualitas akademik universitas almuslim  yang baru saja mendapat penghargaan dari LLDIKTI XIII Aceh sebagai salah satu universitas swasta terbaik di provinsi Aceh.

Harapan kami semoga pak Hasnanda dapat  memberikan konstribusi yang maksimal demi kemajuan  Universitas Almuslim khususnya dan bidang kehutanan di Provinsi Aceh secara umum, papar H.Amiruddin Idris.

 DR. Ir. OK Hasnanda Syahputra, MP, IPM memperoleh gelar doktor (S3) pada Program Studi Ilmu Pengelolaan Hutan Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah  mempertahankan disertasinya  berjudul: “Kelembagaan Pengelolaan Hutan Mangrove Berbasis Masyarakat: Kasus KPH wilayah 3 Provinsi Aceh” dibawah bimbingan Prof.DR.Ir Bramasto Nugroho,MS, Prof.DR.Ir Hariadi Kartodihardjo, MS dan Dr.Ir.Nyoto Santoso,MS

Menurut Rektor Umuslim Dr.H. Amiruddin Idris,SE.,MSi kepulangan DR.Ir. OK Hasnanda Syahputra, MP, IPM ke kampus Universitas Almuslim sangat dinantikan karena beliau saat ini sedang membangun Hutan Pendidikan dengan konsep agroforestri, dimana kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Krueng Aceh. Hutan pendidikan tersebut dirancang selain sebagai laboratorium alam bagi mahasiswa juga sebagai pengelolaan hutan dalam skala kecil, hutan penelitian, kedaulatan pangan dan energi.

DR.Ir. OK Hasnanda Syahputra, MP, IPM  Lahir di  Aceh Timur, 23 Oktober 1967, latar belakang pendidikannya S1 pada STI Kehutanan Jurusan Manajemen Hutan di Banda Aceh, Pasca Sarjana Pertanian Unsyiah Program Studi Konservasi Sumberdaya Lahan di Banda Aceh dan program Doktor (S3)Pasca Sarjana IPB Program Studi Ilmu Pengelolaan Hutan, di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sebelum mengabdikan dirinya sebagai dosen di Universitas Almuslim, OK Hasnanda Syahputra pernah bekerja sebagai karyawan pada  Pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Aceh Besar,   Kasie penanaman Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT. Aceh Inti Timber Co. Ltd di Aceh Barat, selain itu juga pernah bekerja pada Badan rehabilitasi dan rekontruksi (BRR) NAD-NIAS pada posisi Asisten pengembangan bidang ekonomi untuk wilayah kerja Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Juga aktip pada organisasi profesi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) BKTHut Provinsi Aceh, dan Jejaring ahli perubahan iklim dan kehutanan Indonesia (APIK) dan Forum pimpinan perguruan tinggi kehutanan (FOReTIKA).(HUMAS)

 

 

 

 

 

University Universitas Almuslim