Prodi PGSD Umuslim bekali Peserta PKKM

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Peusangan, melakukan pembekalan bagi peserta program mahasiswa mengajar.

Program pembekalan merupakan rangkaian dari pada implementasi pelaksanaan program Hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM).

Seperti diketahui Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim, merupakan salah satu penerima bantuan pemerintah melalui program PKKM Tahun Anggaran 2021.

Bantuan tersebut diberikan, supaya prodi PGSD dapat meningkatkan dan relevansi prodi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Susana pembekalan dalam ruangan

Tujuan dilaksanakan pembekalan untuk memberikan berbagai hal tentang pedagogik, sebelum mahasiswa diterjunkan pada kegiatan mengajar ditingkat satuan pendidikan dengan kriteria sekolah remote area (3T).

Pelatihan ini juga sebagai ajang latihan mengajar, sebagai Pengenalan Lapangan Sekolah (PLP), merupakan kegiatan inti yang harus dilaksanakan mahasiswa calon guru, untuk menerapkan keilmuannya yang telah diperoleh selama perkuliahan.

Adanya pembekalan diharapkan mahasiswa yang diterjunkan kelapangan, dapat mengimplementasi pembelajaran, baik bersifat luring dengan media inovatif, maupun daring menggunakan flatform LMS, seperti misalnya google classroom.

Kegiatan dibuka Dekan FKIP Umuslim Drs. M.Taufiq M.Pd, pada kesempatan tersebut mengharapkan agar program ini, dapat terjalinnya dan meningkatkan hubungan kemitraan yang lebih erat lagi antara kampus dengan sekolah.

Pembekalan menghadirkan pemateri Alfian, M.Pd (Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen).
Pada kesempatan tersebut Alfian, M.Pd memaparkan materi tentang seni dan pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan sekolah dasar.

Selain itu juga memberikan motivasi kepada peserta, bahwa secanggih apapun pendidikan yang diterapkan bahwa peran seorang guru, tidak akan pernah lepas dari mendidik, hal ini dikarenakan seorang guru adalah pendidik sejati yang mempunyai hati.

Selain dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen, materi juga diisi dari kalangan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Umuslim seperti, Fachrurazi, M.Pd, Asrul Karim, M.Pd, Nurmina, M.Pd, Nurlaili, M.Pd, Faizah M.Nur, M.Pd, M.Rezeki Muamar, M.Ed, Fatimah, S.Pd,. M.Si, Adri Patria, SIP., MA., Ph.D(C), dan Misnar, MA, juga hadir pemateri dari unsur sekolah yaitu Ibu Lusi Tetrasari, M.Pd.

Kegiatan pembekalan dilakukan secara luring, dengan penerapan protokol kesehatan, diikuti sebanyak 60 peserta, dilaksanakan selama 3 hari, jelas kaprodi pgsd Fachrurazi,MPd. (Humas-Umuslim)

Foto : Hery Gustami