Semangat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Umuslim Meningkat Tajam

Seiring dengan penutupan masa pengusulan proposal hibah pendanaan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), tercatat usulan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen di lingkup Universitas Almuslim pada tahun 2022 meningkat tajam dibandingkan dengan usulan pada tahun 2020, demikian disampaikan ketua LPPM Umuslim Dr.rer.nat. Ernawita,MSc, diruang kerjanya, Selasa (22/2/2022). .

Menurut Ernawita, ada sekitar 73 proposal yang diusulkan baik pada skema kompetitif nasional maupun desentralisasi.

Adapun rinciannya proposal tersebut antara lain : pengabdian masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat sebanyak 27 proposal, Penelitian Tesis Magister (PTM) 22 proposal, Penelitian Dasar Kompetitif Nasional (PDKN) 1 proposal, dan pada skema desentralisasi terdapat 21 usulan Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT).

Pada program vokasi, juga terdapat 2 usulan hibah pengabdian kepada masyarakat program Penerapan Iptek Masyarakat, mampu meningkatkan gairah para dosen untuk menghasilkan artikel ilmiah yang bermutu, rinci Ernawita

Peningkatan jumlah usulan proposal ini selain disebabkan semakin meningkatnya kesadaran dosen akan pentingnya peran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam peningkatan kualitas institusi dan pengembangan karir dosen; juga didukung oleh beberapa faktor pendukung.

Selain itu Laporan kinerja penelitian LPPM Universitas Almuslim pada peringkat Utama memungkin dosen dan peneliti untuk mengajukan usulan pada skema desentralisasi, ujar lulusan S3 di Friedrich Schiller University of Jena Jerman.

Disamping itu mayoritas dosen juga telah memiliki kepangkatan minimal lector dan telah memenuhi syarat publikasi untuk menjadi ketua pengusul, jelasnya.

Lahirnya program Pascasarjana umuslim pada tahun 2021 dengan 2 program studi, yaitu PSL (Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan) dan Pendidikan IPS menambah total usulan hibah melalui Proposal Tesis Magister (PTM) dan adanya program insentif publikasi yang diberikan oleh Universitas Almuslim melalui LPPM, dimana bagi publikasi dosen yang terbit di jurnal terindeks SINTA 1-6, jurnal Internasional terindeks, serta prosiding Internasional terindeks yang dimulai pada tahun 2021 telah terbukti hasilnya juga merupakan salah satu faktor pendukung, jelas ibu satu putri ini..

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan LPPM Universitas Almuslim sebagai fasilitator kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dimulai pada bulan Oktober 2021 melalui workshop Pengelolaan SINTA, GS, Simlitabmas dan SISTER untuk memudahkan dosen dalam mengupdate rekam jejak publikasi, penelitian, PKM, kepangkatan, dan hal-hal akademik lainnya, ujar Ernawita.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialiasasi program hibah DRPM dan buku XIII edisi revisi, serta coaching clinic proposal pada tanggal 25 Desember 2021 dan 8 Januari 2022.

Rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan pendampingan pengunggahan proposal ke laman web SIMLITABMAS. Sebagai narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. E. Rusiadi, M.Si. dari Universitas Pembangunan Pancabudi Medan, yang juga merupakan salah satu reviewer penelitian nasional, ungkap Dr.rer.nat. Ernawita,MSc.

Dukungan dari reviewer internal Universitas Almuslim seperti Dr. Halus Satriawan, M.Si. dan Dr. Marwan, M.Pd yang juga menjabat rektor Universitas Almuslim, sangat besar dalam membantu mereview draft proposal usulan.

Peningkatan jumlah usulan proposal semoga menjadi pertanda baik untuk mempertahankan Universitas Almuslim sebagai PTS terbaik di LLDIKTI Wilayah XIII, dan meningkatkan raihan akreditasi program studi dan institusi, harap Ketua LPPM Umuslim Dr.rer.nat. Ernawita,MSc.(Humas-Umuslim).