Prodi Kehutanan dan Agribisnis Fakultas Pertanian Umuslim Kuliah Lapangan di BMKG Malikussaleh Aceh Utara

Program Studi Kehutanan dan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Almuslim melaksanakan Kuliah Lapangan Ke BMKG Stasiun Meteorologi Malikussaleh berlokasi di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Selasa,( 6/12/2022).

Menurut Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Pertanian Ajmir Akmal, SP., M.Si sekaligus pengampu mata kuliah agroklimatologi mengatakan kuliah lapangan bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung alat-alat pengamatan cuaca dan iklim yang selama ini hanya di pelajari melalui toeri.

Menurutnya klimatologi menjadi dasar ilmu di bidang pertanian yang mendukung kegiatan-kegiatan pertanian lainnya.
Kuliah lapangan di bagi menjadi 2 sesi yaitu sesi lapangan pengenalan alat-alat BMKG serta sesi di aula tentang teori BMKGdan Quis bagi mahasiswa diikuti mahasiswa semester 1 sebanyak 14 mahasiswa dari Program Studi kehutanan dan 14 mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Almuslim.

Di samping itu ketua Program Studi Kehutanan Nuraida, SP., M.Si juga pengampu mata kuliah Klimatologi hutan Program Studi Kehutananfakultas Pertanian menyebutkan kuliah lapangan akan memberikan ilmu dan pengalaman baru bagi mahasiswa melalui pengamatan langsung peralatan meteorologi.

Menurutnya Klimatologi merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tahun pertama di Program Studi Kehutanan dan dasar untuk mengenalkan kaitan aspek meteorologi, klimatologi dan proses hidrologi. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari prinsip, konsep, komponen, faktor pengaruh, metode pengukuran dan analisis parameter hidrometeorologi yang berkaitan dengan aspek hutan, pertanian dan lingkungan serta dapat digunakan untuk kepentingan penelitian.

Secara lebih spesifik, mahasiswa mempelajari hidrometeorologi dalam hal pengertian, ruang lingkup kajian, isu-isu terkini terkait bencana hidrometeorologi, serta strategi mitigasi dan adaptasi bencana hidrometeorologi khususnya untuk bencana yang berkaitan dengan kehutanan, pertanian dan lingkungan, jelasnya.

Selain melihat secara langsung peralatan meteorologi, mahasiswa juga memperoleh pengetahuan bagaimana alat-alat tesebut bekerja sehingga menghasilkan data yang dibutuhkan untuk pengamatan cuaca dan iklim. Para instruktur dari BMKG Stasiun Meteorologi Malikulsaleh dengan detail menjelaskan bagian-bagian dari alat meteorologi serta bagaimana alat tersebut berfungsi mengahsilkan data.

Kepala BMKG stasiun Malikussaleh, Siswanto, ST., M.Si melalui Rasyidin sekaligus membuka acara kuliah lapangan tersebut menyambut baik kehadiran mahasiswa untuk praktek di instansinya, “Kami sangat senang dan bangga mahasiswa ingin belajar dan datang langsung ke BMKG Stasiun Meteorologi Malikussaleh.

Siswanto, ST., M.Si berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan bertanya secara langsung kepada para ahli meteorologi hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat parameter cuaca dan iklim.

Secara terpisah Dekan Fakultas Pertanian Dr. Elfiana, SP., M.Si sangat mendukung kegiatan kuliah lapangan tersebut. Kegiatan kuliah lapanang ini merupakan wujud dari implementasi Merdeka Belajar Kampus merdeka (MBKM) melalui pengalaman belajar langsung di luar kampus.

Dalam kuliah lapangan tersebut turut dihadiri oleh dosen kehutanan Syifa Saputra, M.Pd dan dosen Agroteknologi Diah Fridayati, M.Si.(Humas-umuslim)